Cek Fakta: Benarkah Ijazah Jokowi Saat SMA Tidak Diakui dan Palsu? Ini Faktanya

- 22 Januari 2021, 11:41 WIB
Beredar narasi di media sosial yang menyebutkan ijazah SMA Presiden Joko Widodo palsu. /Kolase foto dari Instagram dan Facebook Bam Bang Tri

PR BEKASI - Baru-baru ini beredar sebuah narasi di media sosial yang mengeklaim bahwa ijazah SMA Presiden Joko Widodo alias Jokowi adalah palsu.

Pasalnya, SMPP Surakarta tempat Jokowi menempuh pendidikan menengah atas, diklaim baru meluluskan murid angkatan pertama di tahun 1981.

Gambar tersebut pun mengeklaim bahwa Kepala Sekolah SMA 6 Surakarta saat ini, Agung Wijayanto, telah disuap oleh Jokowi agar mau melegalisir ijazah palsunya.

Namun bersarkan penelusuran fakta yang dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Turn Back Hoax, Jumat, 22 Januari 2021, narasi yang mengeklaim ijazah SMA Jokowi palsu adalah narasi yang keliru atau hoaks.

Baca Juga: Soal Bupati Sleman Positif Covid-19 Meski Sudah Divaksinasi, Begini Penjelasan dr. Tirta 

Narasi tersebut beredar di media sosial dan diunggah oleh pemilik akun Facebook Bam Bang Tri dengan narasi lengkap sebagai berikut:

"Wajah sang pembohong Agung Wijayanto yang menutupi kepalsuan ijazah SMA Jokowi yang dia legalisir sehingga dianggap tidak palsu oleh KPU!

Tahun 1980 SMPP 40 Surakarta belum pernah meluluskan murid. Lulusan pertama SMPP Surakarta adalah tahun 1981. Kok Agung melegalisir ijazah SMPP Jokowi yang bertahun kelulusan 1981?

Berapakah bayaran yang diterima Agung. KPK bisa menciduk Agung karena disuap Jokowi"

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Turn Back Hoax


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X