Cek Fakta: Erdogan Tak Rela Tutup Masjid di Turki Selama Pandemi Covid-19, Simak Faktanya

- 10 April 2020, 19:19 WIB
PRESIDEN Turki, Recep Tayyip Erdo─čan.*/REUTERS

PIKIRAN RAKYAT - Beredar di media sosial berupa gambar presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan disertai narasi yang mengklaim bahwa Turki tidak akan menutup masjid selama pandemi Covid-19.

Narasi dalam gambar itu pun beredar di media sosial dan dibagikan oleh salah satu akun facebook bernama Boss Inggris pada Senin, 6 april 2020.

Dikutip dari Instagram Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) oleh Pikiranrakyat-bekasi.com, dijelaskan bahwa setelah ditelusuri dari kantor berita Turki, Anadolu Agency, kabar tersebut adalah hoaks.

Hal ini disampaikan oleh Dewan Tertinggi Urusan Agama Direktorat Agama Turki yang telah mengeluarkan fatwa untuk menghentikan salat berjamaah di semua masjid pada 16 Maret 2020 hingga ancaman virus berakhir, termasuk salat Jumat.

Baca Juga: Laboratorium Milik IPB Siapkan Uji Spesimen Corona untuk Kota Bogor 

Keputusan Direktorat Agama Turki itu pun dipasang di pintu masuk masjid-masjid.

Bahkan, di Ankara, ibu kota Turki, petugas kepolisian ditempatkan di depan masjid untuk mencegah warga masuk. Meski begitu, azan tetap dikumandangkan.

Setelah azan, sebuah pengumuman dibacakan, "Mari kita berdoa di rumah atau tempat kerja untuk melindungi bangsa kita dari epidemi ini.

"Semoga Allah melindungi kita, negara kita, bangsa kita, dan seluruh umat manusia dari penyakit dan kemalangan ini," ucap

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Turn Back Hoax MAFINDO


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X