Beredar Kabar Mantan Komisaris KPU Wahyu Setiawan Merupakan Keturunan PKI, Simak Faktanya

- 6 Juni 2020, 12:00 WIB
KOMISIONER KPU, Wahyu Setiawan mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat 10 Januari 2020 dini hari lalu. KPU mesti bekerja keras kembalikan kredibilitas sebelum Pilkada Serentak 2020.* Dhemas Reviyanto/Antara Foto

PR BEKASI - Beredar narasi di media sosial yang mengklaim bahwa mantan Komisaris KPU, Wahyu Setiawan merupakan keturunan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Narasi tersebut pertama kali di unggah oleh akun Facebook berama Ajib Jr Dia mengunggah foto beserta narasi bahwa Wahyu Setiawan merupakan keturunan Semaun, Ketua PKI yang pertama.

Dalam foto yang diunggah disebutkan bahwa ayah dari Wahyu Setiawan adalah anak dari Slamet Semaun dan cucu dari ketua umum PKI yang pertama, Semaun.

Baca Juga: Sering Ikut Berbicara Soal Virus Corona, Luhut Pandjaitan: Saya Dewan Pengarah

Berdasarkan hasil penelusuran yang dikutip dari Turn Back Hoax, klaim bahwa Wahyu Setiawan adalah keturunan PKI adalah informasi yang keliru. Semaun diketahui tidak memiliki anak yang bernama Slamet.

Disebutkan juga bahwa anak Semaun yang pertama, laki-laki, bernama Logika Sudibyo.

Sementara anak Semaun yang kedua, perempuan, bernama Axioma. Sementara, kelahiran anak kedua Semaun itu bertepatan dengan penangkapan Semaun oleh pemerintah Belanda pada 8 Mei 1923.

Baca Juga: WHO: Masker Dapat Menciptakan Rasa Aman yang Salah dari COVID-19

Berikut narasi lengkap dari unggahan tersebut:

Copas Irianti Djuremi Reinke, Tak usah heran, terkejut, atau heboh kalau Wahyu Setiawan adalah anak dari SLAMET, sebab memang kakeknya adalah SEMAUN. Semaun itu jelas KOMUNIS. Semaun belajar bareng Soekarno (NASIONALIS) dan Kartosowirjo (DARUL ISLAM),"

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Mafindo


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X