Cek Fakta: Beredar Pernyataan Jokowi yang Ingin Wujudkan Indonesia sebagai Negara Komunis Terbesar

- 6 Agustus 2020, 18:13 WIB
Presiden Jokowi. /Instagram.com/Jokowi

PR BEKASI - Beredar kabar di media sosial Facebook yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo tengah berbicara dalam kesempatan pidato yang diklaim Jokowi telah mewujudkan Indonesia sebagai negara komunis terbesar di dunia.

Klaim tersebut dibagikan oleh akun Facebook Hendra Gunawan. Selain membagikan foto Jokowi, pengklaim mengunggah juga satu foto yang menampilkan sejumlah tenaga medis tengah memegang serangkaian huruf yang apabila dibaca adalah "BACOT!".

Setelah ditelusuri lebih lanjut, nyatanya klaim akun Facebook Hendra Gunawan adalah tidak benar alias hoaks.

Baca Juga: ICW Kritik Somasi Kemenkes untuk Jurnalis Narasi TV, Cuit 'Lebih Berguna Anjing Ketimbang Menkes' 

Foto yang diunggah akun Facebook Hendra Gunawan pun menampilkan narasi yang diklaim disampaikan oleh Jokowi. Berikut narasinya.

"Wahai kawan-kawan gerilya yang tergabung dalam Partai Komunis Indonesia. Cita-cita kalian sudah saya wujudkan yakni menjadikan Indonesia sebagai Negara Komunis terbesar di dunia," tulis narasi yang beredar.

Jika melihat dari padanan gambar yang digunakan, unggahan akun Hendra Gunawan tentu dapat menggiring opini bahwa narasi tersebut benar disampaikan langsung oleh Jokowi.

Dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Tim Pencari Fakta (Mafindo), Kamis 6 Agustus 2020, memberikan fakta sebenarnya perihal klaim akun Facebook Hendra Gunawan tersebut.

Baca Juga: Nadiem Makarim 'Mengemis', Tunda POP Sampai Januari 2021 demi Kembalinya 3 Organisasi Besar 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Turn Back Hoax


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X