Fakta atau Hoaks: Benarkah Darah Orang Gila Adalah Vaksin Covid-19?

- 16 September 2020, 18:13 WIB
Ilustrasi kantong darah berupa plasma darah.* /PIXABAY/

PR BEKASI – Beredar informasi di media sosial yang menyatakan bahwa vaksin Covid-19 yang ampuh adalah darahnya orang gila.

Sebab, selama pandemi ada sampai sekarang tidak perna ada orang gila yang terkena covid-19.

Unggahan tersebut dilakukan sebuah akun Facebook bernama Shiwa. Narasi darah orang gila sebagai vaksin Covid-19 diunggah pada 11 September 2020 pada pukul 14.44 WIB.

Baca Juga: Bersiap Untuk Kualifikasi Porda Jabar, Atlet Dayung Kota Bekasi Latihan di Bandung Barat

Menurut hasil penelusuran Turn Back Hoax yang dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com pada Rabu, 16 September 2020, klaim vaksin Covid-19 yang ampuh adalah darah orang gila tersebut adalah klaim yang salah.

Tim Turn Back Hoax menyertakan beberapa data dari situs berita sebagai bukti data bahwa orang gila atau orang yang mengalami gangguan jiwa juga dapat terkena virus Covid-19.

Berdasarkan penelusuruan, dilansir dari Detik, terdapat 7 orang gangguang jiwa yang terdeteksi positif corona di Jatim pada 12 Juni 2020.

Baca Juga: Saefullah Meninggal Akibat Infeksi Covid-19, Wagub DKI: Sekda Miliki Penyakit Penyerta

Dirut RSJ Menur dr M Hafidin Ilham di Surabaya mengatakan, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang menjadi pasien positif COVID-19 di Jawa Timur hingga hari ini ada 7. Pasien ODGJ dirawat di Rumah Sakit Jiwa Menur.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal

Sumber: Turn Back Hoax


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X