Cek Fakta: Penusuk Syekh Ali Jaber Disebut Mengaku Dibiayai Megawati Soekarnoputri dan PKI

- 21 September 2020, 07:31 WIB
Pelaku penusukan Syekh Ali Jaber di Lampung. /Kolase Twitter/

 

PR BEKASI - Beredar gambar tangkapan layar unggahan dari salah saru pemiliknya akun Facebook, Aru Saja dengan narasi yang mengklaim bahwa pelaku penusukan Syekh Ali Jaber dibiayai oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri dan PKI.

Narasi itu disertai dengan gambar tangkapan layar sebuah video di YouTube yang berjudul “[TERKUAK] Ini Tokoh Yang Membiayai Alfin Untuk Menikam Syekh Ali Jaber”.

Namun, berdasarkan hasil pemeriksaan fakta seperti dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari situs resmi Turn Back Hoax, klaim narasi yang menyebut pelaku penusukan Syekh Ali Jaber dibiayai oleh Megawati dan PKI adalah klaim yang keliru.

Baca Juga: Update Harga Emas Senin 21 September 2020, Awal Pekan Masih Stabil di Rp1.072.000

Berikut narasi lengkap unggahan tersebut:

“Atas dasar pengakuan si pelaku penusukan syeh ali jaber itu tlh di biyayai oleh megawati dan sekutunya PKI di blakang nya terbongkar sudah semua nya … bahwa megawati berencana untuk menghabisi alim ulama kiyai ustad penda’i di indonesia ini ……. kita harus bela ulama untuk memerangi mereka komunis PKI megawati … laktatullah…”

Selain itu, video yang disematian oleh pemilik akun tersebut, yang diunggah oleh kanal Dakwah Islam itu telah ditonton lebih dari 600 ribu kali.

Baca Juga: Jadwal Pemadaman Listrik di Bekasi Senin 21 September 2020, Anda di Wilayah Ini Akan Terdampak

Halaman:

Editor: Puji Fauziah

Sumber: Turn Back Hoax MAFINDO


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X