Ungkap 3 Faktor Kunci Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto: Ekonomi Tumbuh 4.5-5.5 Persen

- 31 Desember 2020, 20:17 WIB
Ilustrasi: Tangkapan layar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Outlook Perekonomian Indonesia 2021 di Jakarta, Selasa 22 Desember 2020.
Ilustrasi: Tangkapan layar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Outlook Perekonomian Indonesia 2021 di Jakarta, Selasa 22 Desember 2020. /ANTARA/Dewa Wiguna

PR BEKASI - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai, selain vaksin Covid-19, keberadaan investor ritel domestik selama pandemi akan membantu pemulihan ekonomi pada 2021 mendatang.

Saat menutup perdagangan bursa 2020 di Jakarta, Airlangga Hartarto mengatakan tiga faktor kunci yang dapat membuat pasar modal dan ekonomi Indonesia akan semakin stabil dan pulih di tahun 2021.

Faktor kunci tersebut yakni dengan adanya UU Cipta Kerja, vaksinasi, dan investor ritel.

Baca Juga: Terkait Normalisasi dengan Israel, Iran: Sama saja seperti Mendukung Pendudukan di Palestina 

"Tentu kita harapkan vaksinasi ini jadi game changer di sektor kesehatan dan di sektor ekonomi. Dan dengan adanya UU Cipta Kerja, dengan adanya vaksinasi, dan dengan adanya resilience atau daya tahan investor ritel kita, serta tentu pemerintah yang mendukung dan dengan adanya transparansi dan akuntabilitas, bahwa pasar modal dan ekonomi Indonesia akan semakin stabil dan pulih di tahun 2021," ujar Menko Airlangga Hartarto, sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Antara, Kamis, 31 Desember 2020.

Masa pandemi dapat menjadi momentum dominasi kepemilikan investor domestik, dengan jumlah kepemilikan investor domestik tertinggi sepanjang sejarah pasar modal Indonesia.

Diketahui, jumlah kepemilikan saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), 50,44 persen merupakan milik investor ritel domestik, sedangkan 49,56 persen dimiliki investor asing.

Investor ritel domestik juga mendominasi rata-rata nilai transaksi harian bursa.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x