Sandiaga Uno Paparkan Tiga 'Senjata' Barunya, demi Pulihkan Sektor Parekraf

- 15 Januari 2021, 17:50 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno hadir dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI yang membahas pemulihan sektor Parekraf.
Menparekraf Sandiaga Uno hadir dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI yang membahas pemulihan sektor Parekraf. /Twitter/@kemenparekraf

PR BEKASI – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengikuti rapat kerja bersama Komisi X DPR RI Kamis, 14 Januari 2021.

Hal ini bertujuan untuk memaparkan tiga program unggulan dalam memulihkan sektor pariwisata yang saat ini terdampak COVID-19.
 
Ketiga program tersebut adalah BEDAKAN, INKUBASI, DAN AKSILARASI, yang menyentuh berbagai lini dari sektor Parekraf meliputi kuliner, kriya, fashion, dan  pengembangan ekonomi di wilayah Destinasi Super Prioritas (DSP).
 
Program yang pertama yaitu program Hibah Desain Kemasan Kuliner Nusantara, disebut juga dengan program BEDAKAN.

Baca Juga: Cek Fakta: Usai Salat Jumat di Masjid, Rakyat Aceh Dikabarkan Tiba-tiba Minta Merdeka dari NKRI 

Lewat program ini, Sandiaga Uno berharap akan meningkat dan berkembangnya usaha dari pelaku kreatif kuliner dengan pembaharuan kemasan produk.
 
“Melalui program ini, Kemenparekraf berupaya untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha pelaku kreatif kuliner nusantara melalui pemahaman fungsi penting kemasan produk,” kata Sandiaga Uno.
 
Kedua adalah program untuk pengembangan UMKM kriya, fesyen, dan kuliner melalui inkubasi.
 
Di program INKUBASI ini, para pelaku kriya, fesyen dan kuliner mendapatkan pendampingan untuk menghasilkan produk berkelanjutan.

Baca Juga: Kelompok Ekstremis Dicurigai Akan Buat Onar di 50 Negara Bagian, Nyawa Joe Biden Dipertaruhkan

Ke depannya, Sandiaga Uno berharap pendampingan yang ada akan lebih bisa bernilai jual dan berdaya saing yang tinggi.
 
“Tentunya dengan kualitas yang memiliki potensi untuk dikembangkan dengan lebih baik sehingga memiliki nilai jual dan berdaya saing di tingkat nasional,” ujar Sandiaga Uno.
 
Ketiga, yaitu program aksi selaras energi atau kita sebut AKSILARASI. Tujuan program ini yaitu untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi kreatif di wilayah destinasi super prioritas dan prioritas.
 
Lewat program ini, Menparekraf tidak melulu berfokus pada keuntungan semata. Namun, ada nilai di dalamnya yang bisa lebih berdampak lagi terhadap masyarakat.

Baca Juga: Sebut Ribka Tjiptaning Bikin Gaduh, Muannas Alaidid: Sebaiknya Megawati Turun Tangan 

“Bukan hanya dampak pada profit, tapi juga dampak kepada masyarakat,” tutur Menparekraf.
 
Ia juga berkomitmen, dengan tidak begitu saja mengabaikan wisata lain yang belum termasuk ke dalam lima destinasi super prioritas.
 
“Bukan hanya di lima destinasi super prioritas, tapi juga di tempat lain yang menjadi potensi,” tambahnya.
 
Tiga program yang dicanangkan Sandiaga ini, menjadi program unggulan untuk mengembalikan sektor Parekraf agar meraih masa kejayaan lagi, seperti dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari unggahan Instagram @kemeparekraf.ri Jumat, 15 Januari 2021.

Baca Juga: Mengerikan! Washington Berlakukan 'Lockdown Semu' Saat Hari Pelantikan Joe Biden

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Kemenparekraf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x