Angka Belanja Nasional Terus Tumbuh, Airlangga Hartarto: PPKM Mikro Dorong Daya Beli Masyarakat

- 20 April 2021, 19:42 WIB
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto mengklaim bahwa angka belanja nasional mengalami pertumbuhan selama PPKM Mikro.
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto mengklaim bahwa angka belanja nasional mengalami pertumbuhan selama PPKM Mikro. /Pikiran Rakyat

PR BEKASI - Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro, pada awalnya, menuai respons negatif oleh masyarakat dan pelaku usaha.

Namun dengan seiringnya penerapan PPKM mikro, dilaporkan angka pertumbuhan belanja nasional pada tahun 2021 ini mengalami perbaikan yang cukup signifikan.

Pertumbuhan belanja nasional tersebut dinilai sebagai bentuk kesuksesan pemerintah dalam menerapkan kebijakan PPKM Mikro di sejumlah provinsi di Tanah Air. 

Baca Juga: Tokoh Ulama NU Mau Dihilangkan dari Jejak Sejarah?, Christ Wamea: Padahal Wapres dari NU 

Kebijakan tersebut terbukti dapat menahan laju penyebaran Covid-19 dan menurunkan jumlah kasus positif di wilayah yang diberlakukan PPKM Mikro.

Kondisi tersebut membuat kepercayaan diri masyarakat mulai tumbuh dan harapan ekonomi yang membaik semakin terbuka. 

Dari data tahun 2020, akibat pandemi Covid-19 kegiatan belanja nasional memang turun drastis. Perekonomian di Indonesia lebih digerakkan oleh belanja pemerintah lewat APBN.

Misalnya, lewat pemberian stimulus ekonomi dan berbagai kebijakan relaksasi pajak dan bunga bank. 

Baca Juga: Jadwal Imsak dan Buka Puasa Rabu, 21 April 2021 untuk Wilayah Bekasi, Depok, dan Bandung 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x