Pelaku UMKM Asal Tasikmalaya Ikut Program Kemitraan Pertamina Incar Pasar Nasional

- 22 Juni 2021, 13:44 WIB
Penerus usaha batik "Dimas Batik", yakni Aisha Nadia merupakan salah satu pengrajin batik mitra binaan Pertamina dengan Pemkot Tasikmalaya yang berada di Kampung Batik Bright Gas Cipedes Kota Tasikmalaya.
Penerus usaha batik "Dimas Batik", yakni Aisha Nadia merupakan salah satu pengrajin batik mitra binaan Pertamina dengan Pemkot Tasikmalaya yang berada di Kampung Batik Bright Gas Cipedes Kota Tasikmalaya. /Dok. Pertamina/ANTARA

PR BEKASI - PT Pertamina (persero) memberikan program kemitraan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ingin mengembangkan usahanya.

Melalui program tersebut Pertamina memberikan pinjaman modal bagi pelaku UMKM yang ingin menjadi bagian dari mitra Pertamina.

Seperti yang dirasakan oleh Aisha, yang merupakan pelaku UMKM pengrajin batik asal Tasikmalaya.

Baca Juga: Airlangga Hartarto Optimis Tingkatkan PEN dengan Realisasi KUR bagi Para Pelaku UMKM

Aisha meneruskan usaha batik milik orang tuanya yang di mana dinamakan Dimas Batik yang telah berdiri dari 1987 hingga sekarang.

Ia mengatakan setelah bergabung dengan program kemitraan Pertamina pada 2019 lalu, omzet usahanya dapat meningkat.

Dan ketika pandemi datang, usahanya pun sempat menurun drastis. Namun, Pertamina tetap memberikan bimbingan dan pelatihan sehingga omzetnya dapat naik kembali.

Baca Juga: BLT UMKM Kota Bandung Ditutup Besok, Daftar Online di Link Ini Agar Bantuan Rp1,2 Juta Cair

"Setelah bergabung menjadi mitra binaan Pertamina, Dimas Batik berkembang pesat. Di tahun 2019 omzet meningkat hingga Rp 40 juta per bulan. Kemudian saat mulai pandemi di tahun 2020 memang sempat turun drastis," katanya.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x