Memahami Akuntansi: Pengertian, Sejarah dan Cara Mudah Mengerjakannya

- 5 November 2021, 08:00 WIB
ilustrasi akutansi. Kini Anda tak perlu pusi memahami akutansi, dibahas lengkap di sini dari segi bisnis hingga sejarah dan teori yang ada di Indonesia.
ilustrasi akutansi. Kini Anda tak perlu pusi memahami akutansi, dibahas lengkap di sini dari segi bisnis hingga sejarah dan teori yang ada di Indonesia. /Pixabay.com/stevepb

PR BEKASI - Pernahkah terbesit di pikiran Anda mengenai asal usul dari akuntansi? Saat ini hal yang menjadi patokan dalam masalah keuangan di sebuah bisnis adalah ilmu akuntansi.

Sudah dipastikan pada usaha Anda selalu melibatkan karyawan yang minimal tahu tentang program akuntansi.

Namun disini kami akan membeberkan tentang sejarah akuntansi secara lengkap mulai dari sejarah di Indonesia, hingga sejarah dari luar negeri.

Baca Juga: Manager Ungkap Firasat Buruk Sebelum Vanessa Angel-Bibi Ardiansyah Meninggal: Saya Cium Bau Bangkai di Rumah

Sejarah Akuntansi di Dunia

Menurut sejarahnya, penemu pertama teori akuntansi di dunia muncul pertama kali pada tahun 1494. Yang mana pada saat itu ada seorang matematikawan bernama Luca Pacioli yang berhasil menemukan metode pembukuan atau pencatatan keuangan dengan model berpasangan.

Saat itu, buku yang dicetak oleh matematikawan sekaligus pemuka agama ini diberi nama atau judul Summa De Arithmetica Proportioni et Proportionalita. Isi dari buku tersebut adalah metode pembelajaran atau cara mengelola keuangan yang dibuat secara khusus untuk para usahawan di zaman itu.

Pada saat awal kemunculan akuntansi, masih belum diberi nama pada saat itu tetapi disebut dengan istilah Sistem Pembukuan Berpasangan. Mulanya muncul sistem ini ditemukan pertama kali di Eropa Barat. Sebab memang dari sanalah si penemu pertama menyebarluaskan sebagai pembelajaran kepada para pelaku bisnis.

Baca Juga: Manajer Menyesal Gagal Larang Vanessa Angel-Bibi ke Surabaya: Harusnya Hari Ini Mereka Syuting di TV

Halaman:

Editor: Asytari Fauziah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x