Indonesia Ekspor Pisang ke Tiongkok 17.793 Ton, Salah Satu Buah yang Menjadi Andalan Pemerintah untuk Tingkatkan Perdagangan Luar Negeri

- 18 Februari 2020, 21:44 WIB
Pisang menjadi andalan Ekspor RI ke luar negeri Kementerian Koordinator Perekonomian

PIKIRAN RAKYAT - Sebagai pangsa pasar ekspor nonmigas terbesar Indonesia, Tiongkok yang kini ekonominya sedang terguncang sejak wilayahnya dilanda wabah Novel Coronavirus (Covid-19) secara tidak langsung mulai berdampak terhadap neraca perdagangan Indonesia.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Koordinator Perekonomian oleh pikiranrakyat-bekasi.com pemerintah pun menyiapkan berbagai strategi untuk mengantisipasi menurunnya kinerja neraca perdagangan yang diakibatkan mewabahnya virus Corona.

Salah satunya dengan mendorong ekspor produk-produk potensial berdaya saing tinggi di pasar global.

Baca Juga: Ikuti Pameran di Jerman, Buah Indonesia Semakin Diminati

Selain itu dengan melakukan diversifikasi pasar ekspor ke luar negara tujuan utama, semisal ke negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Mesir, serta mengoptimalkan produksi dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal.

“Tidak hanya menggenjot produk-produk hasil industri, saat ini pemerintah juga mendorong peningkatan kinerja ekspor produk-produk yang berasal dari sektor lain, seperti sektor pertanian,” kata Staf Ahli Bidang Pembangunan Daerah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Bobby Hamzar Rafinus, di Kabupaten Bener Meriah, Prov. Nangroe Aceh Darussalam (NAD) pada Selasa, 18 Februari 2020.

loading...

Sebagai negara agraris, peran sektor pertanian dalam pertumbuhan ekonomi nasional memang semakin penting dan strategis. Kontribusinya dalam PDB Indonesia yakni terbesar ketiga setelah sektor industri dan perdagangan.

Baca Juga: Persediaan Masker Habis, Atalia Praratya: Kami Baru Bisa Mengirimkan 10 Ribu Masker

Berdasarkan Berita Resmi Statistik BPS, selama Januari-Desember 2019 ekspor produk pertanian sebesar US$ 3,61 miliar atau meningkat 5,31 persen dibandingkan periode sama di 2018 yang sebesar 3,43 miliar dollar Amerika Serikat.

“Meningkatnya kinerja ekspor sektor pertanian, salah satunya didorong oleh peningkatan ekspor subsektor hortikultura, khususnya buah-buahan tahunan,” ujar Bobby dikutip dari rilis resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Kementerian Perekonomian

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X