Khawatir Semakin Melemahnya IHSG Imbas Virus Corona, OJK Perbolehkan Emiten Buyback Sahamnya Tanpa Lewat RUPS

- 10 Maret 2020, 10:58 WIB
ILUSTRASI saham.*
ILUSTRASI saham.* /PIXABAY/

PIKIRAN RAKYAT – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sejak beberapa hari terakhir mengalami gejolak yang cukup signifikan.

Adapun gejolak yang terjadi yang dialami oleh IHSG lantaran imbas virus corona yang saat ini masih mewabah hampir di seluruh negara dunia, tak terkecuali Indonesia.

Terlebih sejak Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya kasus virus corona di tanah air pada Senin, 2 Maret 2020 lalu kondisi pasar modal dalam negeri alami pergolakan yang cukup signifikan.

Baca Juga: Tersiar Kabar Ada Undian Berhadiah dari Pertamina, Simak Faktanya

Meskipun sempat menguat pada beberapa hari yang lalu akibat stimulus yang diberikan oleh International Moneter Fund (IMF), IHSG kembali mengalami pelemahan di sepanjang Senin, 9 Maret 2020 lalu.

Namun, berdasarkan laporan terbaru yang dikutip oleh pikiranrakyat-bekasi.com dari akun instagram IDX, IHSG pada Selasa, 10 Maret 2020 dibuka menguat di 5.149.

Ditengah gejolak naik dan turunnya IHSG saat ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperbolehkan emiten untuk melakukan buyback atau membeli kembali saham yang telah beredar di pasar modal tanpa harus lewat persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Baca Juga: Viral Video Aksi Unik Penjaga Patroli India Kenakan Kostum Beruang untuk Takuti Monyet Agresif

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengizinkan semua emiten atau perusahaan publik melakukan pembelian kembali (buyback) saham sebagai upaya memberikan stimulus perekonomian dan mengurangi dampak pasar yang berfluktuasi secara signifikan,” tulisnya seperti dikutip oleh pikiranrakyat-bekasi.com dari akun instagram IDX.

Dalam keterangannya, adapun alasan OJK memperbolehkan emiten melakukan buyback sahamnya lantaran untuk merelaksasi harga yang sedang mengalami penurunan yang cukup tajam.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: IDX


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x