Betah di Rumah Lawan Corona, 4 Cara yang Harus Diperhatikan Agar Aman saat Belanja Online

- 18 April 2020, 15:08 WIB
ILUSTRASI belanja online.*
ILUSTRASI belanja online.* /Pexels/

PIKIRAN RAKYAT – Belanja online saat ini banyak diminati masyarakat karena praktis dan tidak perlu keluar rumah terutama saat masa tanggap darurat seperti sekarang.

Namun belanja online sering kali menimbulkan kekhawatiran, ragu dengan barang yang kemungkinan tidak sesuai ekspektasi dengan wujud aslinya, penipuan atau bahkan tidak terkontrol sehingga uang habis begitu saja.

Anda harus memiliki strategi dalam memilih perantara pembayaran, mengelola keuangan yang baik dan memastikan agar uang yang dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan dan tidak akan menimbulkan penyesalan di kemudian hari.

Baca Juga: Berikut Kebijakan PSBB di Bandung Raya Berdasarkan Ketentuan Masing-masing Wilayah

Dengan memperhatikan 4 hal mendasar berikut seperti dikutip Pikiranrakyat-bekasi.com dari Antara, Anda tidak akan lagi merasa khawatir saat belanja online.

Kelola Cash Flow

Memiliki banyak waktu saat berada di rumah selama PSBB, bisa Anda gunakan untuk membenahi pengelolaan uang pribadi.

Baca Juga: Menunggu Makanan Gratis dari Restoran, Kakek 80 Tahun Ini Didenda karena Langgar Lockdown

Banyak memiliki waktu luang memang sering kali membuat seseorang cenderung menjadi konsumtif. Pengeluaran sebaiknya dialokasikan untuk membeli kebutuhan Anda dibanding dengan memenuhi keinginan.

Selama masa pandemi, sebaiknya Anda meminimalisir pembelian barang yang tidak terlalu perlu agar keuangan Anda tetap stabil dan dapat digunakan dengan leluasa saat ada kebutuhan mendadak.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x