Dampak Pemangkasan Lanjutan dan Tekanan Pandemi, Harga Minyak Dunia Lanjutkan Kenaikannya

- 19 Juni 2020, 10:59 WIB
llustrasi Pengeboran minyak lepas pantai.
llustrasi Pengeboran minyak lepas pantai. /Antara/moneycontrol.com/

PR BEKASI – Harga minyak dunia saat ini masih melanjutkan tren kenaikannya.

Dikutip oleh pikiranrakyat-bekasi.com dari Antara harga minyak mentah jenis Brent misalnya untuk pengiriman Agustus naik 80 sen atau hampir 2 persen ke level 41,51 dollar AS per barel di London ICE Futures Exchange pada akhir perdagangan Kamis, 18 Juni 2020 waktu setempat atau Jumat, 19 Juni 2020 WIB pagi.

Begitu juga dengan minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman bulan Juli turut naik 88 sen atau 2,3 persen ke level 38,84 dollar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Baca Juga: Jelang Akhir Pekan, IHSG dan Nilai Tukar Rupiah Kompak Dibuka Menguat

Berdasarkan laporan yang dirilis dari Antara kenaikan harga minyak yang terjadi pada hari ini di tengah Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) melakukan peninjauan catatan pengurangan pasokan minyak.

Disisi lain dan di waktu yang bersamaan kenaikan harga minyak dunia berada dalam tekanan kekhawatiran gelombang kedua virus corona atau Covid-19 yang mulai melanda Amerika Serikat dan Tiongkok.

“Anda akan melihat lebih banyak kepatuhan OPEC,” ujar Analis Minyak Senior di Price Futures Group Chicago Phil Flynn.

Baca Juga: Ojol dan Debt Collector di Surabaya Bentrok, Dipicu Salah Paham Soal Tagihan Angsuran Kendaraan

Selain melanjutkan pemangkasan produksinya, OPEC juga menekan negara-negara seperti Irak dan Kazakhstan agar mematuhi pemangkasan produksi minyak untuk mengurangi rekor pembatasan produksi mulai Agustus mendatang.

Sementara itu, beberapa waktu sebelumnya Amerika Serikat merilis data penyimpanan minyak mentah tertingginya dan memberikan kekhawatiran anjloknya kembali harga minyak dunia.***

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x