Heboh Uang Logam Rp 1.000 Bergambar Kelapa Sawit Dijual Puluhan Juta, Bank Indonesia Buka Suara

- 20 Juni 2020, 11:53 WIB
ILUSTRASI uang logam.*
ILUSTRASI uang logam.* /Pixabay / Kschneider/

PR BEKASI - Bagi masyarakat kelahiran tahun 90-an pasti tidak asing dengan bentuk uang logam senilai Rp 1.000 yang bergambar kelapa sawit.

Mungkin tak ada yang menyangka bahwa uang emisi tahun 1993 saat ini memang langka ditemukan, seiring keluarnya model uang logam pecahan terbaru.

Perihal soal uang logam Rp 1.000, belum lama ini jagat media sosial diramaikan dengan kabar dari tangkapan layar yang menyebut uang logam tersebut telah dijual dengan harga yang fantastis.

Baca Juga: Diguncang Isu Pergeseran Ideologi, Jokowi Sebut RUU HIP Sepenuhnya Inisiatif DPR 

Harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari belasan juta, bahkan ada yang menjualnya hingga Rp 100 juta.

Kabar soal uang logam Rp 1.000 bergambar kelapa sawit dijual dengan harga fantastis ini diunggah akun Instagram @nenk_update. Pada foto unggahannya, untuk satu uang logam tersebut dibanderol dengan harga Rp 17 juta hingga Rp 20 juta.

Dengan viralnya kabar penjualan uang logam emisi tahun 1993 tersebut, pihak Bank Indonesia (BI) buka suara dan memberikan tanggapan perihal kejadian tersebut.

Dilansir RRI oleh Pikiranrakyat-Bekasi.com, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko menyatakan bahwa uang koin bergambar kelapa sawit hingga saat ini masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.

Baca Juga: Kematian Harian Melonjak Hingga Lampaui Rekor, WHO Memperingatkan: Covid-19 Memasuki Fase Baru 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x