Tempat Wisata di Tasikmalaya, Paket Komplit Piknik dari Gunung Sampai Pantai

- 30 Juni 2020, 16:21 WIB
ISTIMEWA.
ISTIMEWA. /


PIKIRAN RAKYAT
- Tempat wisata di Tasikmalaya dikenal dengan suasana alamnya yang asri, sangat cocok untuk Anda yang ingin melepas lelah sekaligus lepas dari rutinitas yang menjemukan.

Apalagi paket wisata yang ditawarkan termasuk komplit, mulai dari Gunung sampai Pantai. Jangan lupa juga kulinernya yang khas. Jika Anda mengunjungi Tasikmalaya pastikan Anda mengeksplorasi daerah yang ada di Priangan Timur, Jawa Barat ini.

Destinasi wisata seperti Gunung Galunggung, Pantai Cipatujah, sampai wisata religi dan budaya seperti Kampung Naga semuanya bisa Anda jajal hanya di Tasikmalaya.

Tempat Wisata di Tasikmalaya

Destinasi berikut bisa dibilang sebagai tempat wisata hits. Bahkan menjadi icon wisata Tasikmalaya. Berikut destinasi yang wajib Anda jajal yang kami himpun dari berbagai sumber di Tasikmalaya.

Baca Juga: Diancam Akan Dipidanakan, Rhoma Irama: Saya Berharap Bupati Bogor Hanya Bercanda

Kawah Gunung Galunggung, Pengalaman Mendaki 620 Anak Tangga

Kawah Gunung Galunggung menyajikan pemandangan unik. Tak heran banyak yang menyambanginya untuk melakukan foto prewedding. Sejumlah model profesional juga kerap mengunjungi obyek wisata yang satu ini untuk mengambil gambar.

Tapi bukan itu saja, gunung berapi dengan ketinggian 2.167 meter ini juga bisa Anda daki dengan menyusuri 620 anak tangga.

Bagi yang tidak biasa berjalan kaki, tentu akan kecapean dan sedikit kehabisan nafas. Namun rasa lelah itu akan terbayar dengan pemandangan indah Kabupaten Tasikmalaya.

Puncak Gunung Galunggung hamparan kawah danau terlihat indah. Sekelilingnya terdapat tebing curam, dan terlihat air terjun. Sangat instagramble, Anda bisa foto sepuasnya dan tentu saja bisa Anda pamerkan ke media sosial.

Baca Juga: Cek Fakta: Aksi Demonstrasi Mahasiswa Dikabarkan Bisa Dikawal TNI

Tempat wisata di Tasikmalaya yang satu ini merupakan destinasi komplit. Pasalnya selain menikmati keindahan alam yang instagramble, Anda juga bisa berkemah dan berendam di pemandian hangat.

Bagi yang suka berkemah, ada hutan pinus di kawasan Gunung Galunggung. Lokasinya tepat di jalan menuju kawah Galunggung. Namun Anda harus bersiap-siap karena harus melalui tanjakan yang cukup curam.

Sementara tempat pemandian air panas masih di kawasan Galunggung. Di tempat tersebut terdapat kolam yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk bermain air.

Selain itu ada juga aliran sungai yang bisa digunakan sebagai tempat berendam. Bagi yang tidak suka berendam ramai-ramai, ada tempat khusus yang bisa disewa yang hanya bisa digunakan untuk 5 orang.

Kampung Naga, Belajar Adat Istiadat dan Sejarah

Setelah menikmati keindahan alam pegunungan, saatnya Anda mengenali adat istiadat asli dari Tasikmalaya. Anda bisa menuju tempat wisata di Tasikmalaya lainnya dengan berkunjung ke Kampung Naga.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Jokowi: Daerah Jangan Memaksakan Diri Terapkan AKB

Kampung Naga ini berada di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu. Dari arah Garut apabila melintasi jalan Singaparna, akan terlihat pintu masuk Kampung Naga.

Masyarakat di Kampung Naga masih memegang teguh segala tradisi zaman dahulu. Demi melestarikan kampungnya, masyarakat juga menolak budaya modern.

Tidak ada masyarakat yang menggunakan barang elektronik. Rumah yang ada di Kampung Naga dibangun dari bahan-bahan yang ada di alam, seperti bambu, kayu, dan untuk atap menggunakan ijuk.

Semua rumah yang ada di salah satu tempat wisata di Tasikmalaya ini bentuknya seragam begitu juga dengan luasnya. Bahkan arah rumahnya juga sama, yakni menghadap ke utara.

Selain masih memegang teguh tradisi, sejarah Kampung Naga juga menarik untuk dipelajari. Penduduknya yang beragama Islam konon berhubungan dengan salah satu wali yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Bisa jadi bahan diskusi sejarah yang menarik.

Baca Juga: India Resmi Blokir 59 Aplikasi Asal Tiongkok Termasuk TikTok dan WeChat

Pantai Cipatujah yang Eksotis

Setelah puas mempelajari adat istiadat di Kampung Naga, saat bersantai di Pantai Cipatujah. Keindahan pantainya tak kalah dengan Pangandaran. Lokasinya kurang lebih 74 kilometer dari pusat Kota Tasikmalaya.

Anda yang ingin melepas penat setelah berhari-hari bekerja cocok mengunjungi Pantai Cipatujah. Apalagi pantai ini tidak terlalu ramai. Anda bisa menikmati eksotisnya terumbu karang sambil refreshing.

Anda juga bisa menikmati matahari terbenam dan matahari terbit. Pesona langit jingga saat sore dan pagi hari layak untuk Anda abadikan lewat kamera.

Baca Juga: IMF Tekankan Pentingnya Partisipasi Swasta dalam Pengurangan Utang Internasional

Itulah tempat wisata di Tasikmalaya paling hits dan wajib Anda kunjungi. Sungguh komplit mulai dari Gunung sampai Pantai. Selain destinasi yang telah disebutkan, jangan lupa juga cicipi berbagai makanan khas Tasikmalaya yang mampu menggoyang lidah.***

Editor: Rahmad Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x