PDB Pertanian Terus Tumbuh, Muhaimin Iskandar Dorong Pemerintah Serius Perhatikan Nasib Petani

- 8 Agustus 2020, 21:42 WIB
Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar (AMI).* /Istimewa

PR BEKASI - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menilai pertumbuhan ekonomi yang ditopang sektor pertanian layak mendapatkan perhatian dari Pemerintah demi terus meningkatkan investasi pertanian.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan produk domestik bruto (PDB) RI pada kuartal II-2020 minus hingga 5,32 persen. Secara kuartal, ekonomi terkontraksi 4,19 persen dan secara kumulatif terkontraksi 1,26 persen.

Namun pada saat yang sama, PDB pertanian tumbuh 16,24 persen pada kuartal II 2020. Kemudian, pertanian menjadi sektor utama penopang PDB yang tumbuh mencapai 2,19 persen pada kuartal II 2020.

Baca Juga: Presiden Lebanon Michel Aoun Tolak Semua Investigasi Internasional Terkait Ledakan Besar di Beirut 

Kontribusi pertanian pun menurutnya sudah meningkat dari 13,57 persen pada kuartal II 2019 menjadi 15,46 persen pada kuartal II 2020.

Dirinya menuturkan bahwa pertumbuhan sektor pertanian patut didukung dengan meningkatkan investasi dan memberikan banyak insentif.

"Peningkatan investasi Pemerintah dapat dilakukan melalui pemberian kredit pertanian, meningkatkan pendanaan penelitian, dan pengembangan pertanian, intensifikasi penggunaan teknologi pertanian maupun peningkatan jumlah angkatan petani baru,” ujar Muhaimin dalam keterangan resminya seperti dilansir Pikiranrakyat-Bekasi.com dari situs resmi DPR RI, Sabtu, 8 Agustus 2020.

Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) ini juga mengharapkan Pemerintah memberikan banyak insentif kepada petani.

Baca Juga: Cek Fakta: Jokowi Dikabarkan Barter Vaksin Covid-19 dengan Lahan untuk Perusahaan Tiongkok

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: DPR


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X