Jiwasraya Gagal Bayar di Saat Keuangan Baik, Mantan Direktur: Itu Aneh, Pak Hakim

- 3 September 2020, 21:06 WIB
Sidang kasus Jiwasraya.
Sidang kasus Jiwasraya. /RRI

PR BEKASI - Mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya (Persero), Harry Prasetyo mengaku heran, perusahaan pelat merah itu mengalami gagal bayar pada tahun 2018. Sebab menurut dia, kondisi keuangan Jiwasraya masih sangat baik sampai akhir tahun 2017.

“Tidak boleh ada terjadi gagal bayar itu kalau tadi tanggung jawab semua ada di JS (Jiwasraya). JS harus bertanggung jawab kenapa gagal bayar. Itu aneh Pak," kata Harry saat menjadi saksi dalam dalam sidang lanjutan perkara pidana di Jakarta, Kamis, 3 September 2020.

Menurut catatan Harry, di akhir tahun 2017 lalu nilai aset Jiwasraya mencapai Rp45 triliun dengan kas mencapai Rp4 triliun. Tingkat solvabilitas atau risk based capital (RBC) bahkan mencapai 200 persen.

Baca Juga: Beri Stimulus untuk Platform Dagang Online, Menkominfo: Produk UMKM Lokal Harus Jadi Tuan Rumah

Kondisi keuangan tersebut ditekankannya jauh lebih baik dengan kinerja perseroan pada tahun 2008,  saat dia baru bergabung. Saat itu neraca keuangan Jiwasraya tercatat minus Rp6.7 triliun atau dalam kondisi insolvensi dengan nilai aset sekitar Rp5 triliun.

Kala itu Jiwasraya bahkan tidak memiliki kas dan RBC minus ratusan persen. Padahal, batas minimum RBC perusahaan asuransi jiwa dan asuransi umum yang dipersyaratkan regulator adalah sebesar 120 persen .

Lebih lanjut Harry menegaskan bahwa selama menjabat sebagai jajaran direksi, Jiwasraya sama sekali tidak mengalami masalah investasi. Hal itu dikarenakan semua tata kelola atau governance perusahaan sudah tertata dengan baik.

“Itu suatu prestasi bahwa kami menghidupkan kembali mayat hidup yang sudah takkan mungkin kembali hidup. (Kinerja) Kami di bawah Prudential (PT Prudential Life Assurance) kalau boleh nyebut.  Sudah nomor dua, tapi gagal bayar di bulan Oktober. Itu aneh Pak," tambahnya.

Baca Juga: Digenjot Latihan Keras di Kroasia oleh Shin Tae-yong, Punggawa Timnas U-19 Jatuh Pingsan

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x