Disalahkan Karena Pertamina Rugi Triliunan Rupiah, Ahok: Gila, Gaji Direksi Gede Semua

- 16 September 2020, 09:28 WIB
Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kritik direksi Pertamina.
Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kritik direksi Pertamina. /RRI

PR BEKASI - PT Pertamina (Persero) beberapa waktu lalu menjadi sorotan publik setelah perusahaan pelat merah tersebut mengalami kerugian sekira 11 triliun rupiah. Publik pun menyasar nama Basuki Tjahaja Purnama atau biasa dipanggil Ahok sebagai dalang di balik kerugian tersebut.

Sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Ahok dianggap bertanggung jawab terhadap kerugian yang dialami Pertamina.

Dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari situs RRI, Ahok pun akhirnya buka suara dan mengatakan bahwa kerugian pertamina terjadi, salah satunya karena buruknya manajemen di Pertamina.

Baca Juga: Usai Insiden Foto Mr. P yang Buat Warganet Tercengang, Chris Evan Akhirnya Buka Suara

Menurutnya, para pemegang jabatan tinggi di Pertamina memiliki gaji yang fantastis karena memiliki angka yang tinggi.

"Alasannya karena orang lama. Ya harusnya gaji mengikuti jabatan Anda kan. Tapi mereka bikin gaji pokok gede semua. Jadi bayangin gaji sekian tahun, gaji pokok bisa Rp75 juta. Dicopot, gak ada kerjaan pun dibayar segitu. Gila aja nih," ujar Ahok.

Mengetahui hal itu, Ahok berencana mengubah sistem tersebut di Pertamina. Tidak hanya soal gaji,  pemotongan birokrasi perihal pangkat juga akan ikut dirombak oleh mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Ahok mengungkapkan bahwa banyak posisi jabatan petinggi di Pertamina berasal dari titipan. Selain direksi, menurutnya komisaris juga rata-rata merupakan titipan dari kementerian terkait sehingga perlu dibuatkan sistem pangkat berdasar jalur lelang terbuka.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Akui Adanya Ego Sektoral dan Tumpang Tindih Aturan di Pemerintahannya Saat Ini

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x