Kesepakatan Stimulus Berjalan Alot, Rupiah Melemah dan IHSG Menguat Jelang Akhir Pekan

- 2 Oktober 2020, 20:40 WIB
Ilustrasi saham.
Ilustrasi saham. /PIXABAY/

PR BEKASI – Seiring dengan alotnya kesepakatan terkait paket stimulus lanjutan di Amerika Serikat, nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta diperkirakan melemah pada Jumat, 2 Oktober 2020.

Setelah pada Kamis, 1 September 2020 kemarin rupiah ditutup menguat 45 poin atau 0.3 persen menjadi Rp14.835 per dolar AS, pagi ini rupiah bergerak melemah 8 poin atau 0.05 persen menjadi Rp14.843 per dolar AS.

Kemudian pada pukul 9.30 WIB, rupiah melemah 14 poin atau 0.09 persen menjadi Rp14.849 per dolar AS, dari sebelumnya Rp14.835 per dolar AS.

Baca Juga: TMMD Reguler Brebes Mengasah dan Mempermahir Keterampilan Pertukangan Prajurit 

“Dolar AS terlihat menguat lagi hari ini, menyusul belum tercapainya kesepakatan paket stimulus kedua AS antara Demokrat dan Republik,” tutur Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra, dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari situs ANTARANEWS.

Pagi ini, DPR AS yang dikuasai oleh Demokrat tetap mengesahkan proposal 2.2 triliun dolar AS yang belum disetujui Republik.

Menurut Ariston Tjendra, pasar khawatir bahwa negosiasi stimulus akan mengalami kebuntuan lagi karena dua kubu sama-sama bersikeras dengan proposalnya masing-masing.

Padahal, stimulus diperlukan untuk membantu pemulihan ekonomi AS di masa pandemi.

Baca Juga: Tangan Putih Misterius Keluar dari Bawah Bus, Pengendara Motor Dibuat Ketakutan 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x