Ungkap Sosok Sebenarnya Pemimpin di Era Transformasi Digital, Jawaban Sri Mulyani Mengagetkan

- 14 Oktober 2020, 19:38 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam acara Wisuda PKN STAN di Jakarta, Rabu,14 Oktober 2020.
Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam acara Wisuda PKN STAN di Jakarta, Rabu,14 Oktober 2020. /ANTARA

PR BEKASI - Pandemi Covid-19 telah membawa sejumlah perubahan dalam tatanan kehidupan sosial di tengah masyarakat Indonesia.

Hal itu dilihat dari sejumlah kegiatan masyarakat yang telah mengadopsi, melibatkan, dan melakukan transformasi digital dalam kehidupan sehari-hari.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebutkan bahwa kemunculan pandemi Covid-19 telah membawa masyarakat ke kehidupan era digital.

“Era digital dengan Industri 4.0 itu memberikan disrupsi. Disrupsi karena digital dan kita juga tidak menduga bahwa tahun ini kita juga terkena disrupsi pandemi Covid-19,” kata Sri Mulyani di Jakarta, Rabu, 14 Oktober 2020, sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Antara.

Baca Juga: Link Live Streaming dan Prediksi Timnas U-19 vs Makedonia Utara, Laga Terakhir Witan Sulaeman  

Padahal, menurut Sri Mulyani, sebelum terjadi pandemi Covid-19, digitalisasi merupakan tantangan yang sangat susah untuk dapat diaplikasikan oleh masyarakat.

Contohnya, di Kementerian Keuangan (Kemenkeu), sebenarnya sudah mulai menerapkan transformasi digital sejak sebelum ada pandemi, namun masih dalam tahap permulaan.

Transformasi yang dilakukan oleh Kemenkeu antara lain adalah membuat keseluruhan dokumen dalam bentuk digital, naskah dinas digital, tanda tangan digital hingga menerapkan flexible working hour.

“Itu masih dalam tahap permulaan dan percobaan, lalu tiba-tiba kita dihadapkan oleh Covid-19 yang memaksa kita untuk tidak masuk kantor, namun kita harus tetap bekerja,” ujar Sri Mulyani.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x