Ekonomi Saat Ini Tak Lebih Baik dari Krisis 98, Rizal Ramli: Ini Akan Lebih Sulit

- 21 Oktober 2020, 17:39 WIB
Rizal Ramli singgung Ma'ruf Amin saat komentari setahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.
Rizal Ramli singgung Ma'ruf Amin saat komentari setahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. /Tangkap Layar Youtube/Indonesia Lawyers Club

PR BEKASI - Pandemi Covid-19 di Indonesia yang dimulai sejak Maret 2020 lalu, memang berdampak bagi semua sektor di Indonesia, terutama sektor ekonomi dan sosial.

Akibatnya, timbul berbagai permasalahan sosial mulai dari maraknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau merumahkan pekerja untuk sementara waktu, hingga meningkatnya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak.

Menurut ekonom senior Rizal Ramli, di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini, kondisi ekonomi di Indonesia tidak lebih baik dari kondisi ekonomi saat krisis moneter 1998 dulu.

Baca Juga: Wisatawan dari Zona Merah Boleh Liburan ke Zona Kuning, Epidemiologi: Pastikan Dulu Anda Sehat

Pasalnya, ada 44 perusahaan asuransi sekuritas yang saat ini gagal bayar, yang akhirnya berdampak pada ekonomi secara signifikan.

"Ini ibarat petinju kena pukulan langsung goyang. Jadi ini akan lebih sulit, karena pemerintah tidak efektif. Dan ini grafiknya seperti huruf 'W' anjloknya bisa lama," kata Rizal Ramli, Rabu, 21 Oktober 2020, sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari RRI.

Oleh karena itu, Rizal Ramli menyarankan agar pemerintah tidak menganggarkan sejumlah proyek pembangunan, dan lebih baik proyek tersebut ditahan dulu.

Baca Juga: Pelajar yang Terjaring Operasi Yustisi Ini Dihukum Melafalkan Pancasila: Aduh Lupa Saya Tidak Hafal

Contonhnya, proyek infrastruktur jalan hingga program-program lain yang belakangan malah diminta untuk digeber.

Halaman:

Editor: Puji Fauziah

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x