Bersatu Serukan 'Perang' Hadapi Pandemi Covid-19, Pemimpin Negara Dunia Dukung Konsensus G20

- 22 November 2020, 08:15 WIB
KTT G20 Riyadh Summit digelar Sabtu, 21 November 2020.
KTT G20 Riyadh Summit digelar Sabtu, 21 November 2020. /ANTARA

PR BEKASI - Acara Pendampingan KTT G20 disiarkan langsung dari Riyadh, Arab Saudi digelar pada Sabtu, 21 November 2020 malam hari WIB.

Dalam acara tersebut, negara-negara yang tergabung dalam kelompok 20 ekonomi utama dunia atau G20 menyerukan pembangunan sistem kesiapan yang berkelanjutan.

Pertemuan tersebut sebagai respons terhadap pandemi yang mungkin terjadi di masa depan, dengan berkaca pada pengalaman penanganan Covid-19 tahun ini.

Baca Juga: Pria Kulit Hitam Lagi-lagi Dipukuli Hingga Tewas, Picu Kerusuhan Besar di Brasil

Pemimpin Kerajaan Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, mengatakan bahwa pandemi Covid-19 telah menjadi ujian berat bagi sistem kesehatan global.

“Oleh karena itu, melalui Kepemimpinan (Arab Saudi) di G20, kami menggunakan sejumlah inisiatif penting untuk menutup ketimpangan dalam kesiapan dan respons pandemi,” katanya, dikutip oleh Pikiranrakyat-Bekasi.com dari situs resmi G20 pada Minggu, 22 November 2020.

Dalam acara tersebut, Raja Salman menekankan terkait pentingnya melindungi semua masyarakat di seluruh belahan dunia dari pandemi, terutama mereka yang berada di komunitas dan negara yang paling rentan.

“Selama masa Presidensi kami, dengan dukungan dari anggota G20, kami mengusulkan inisiatif Access to Pandemic Tools (APT), yang bertujuan untuk memastikan fokus pada kesiapsiagaan dan respons yang berkelanjutan untuk melawan pandemi di masa depan,” kata Raja Salman.

Selain itu, ia juga berharap agar diskusi tersebut dapat berlanjut pada masa Presidensi Italia tahun depan.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x