Novel The Eyes of Darkness Prediksi Wabah Virus Corona Sejak Tahun 1981, Simak Faktanya

- 29 Februari 2020, 08:40 WIB
Novel The eye of Darkness

PIKIRAN RAKYAT - Di tengah wabah virus corona baru jenis Covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhir, sebuah kabar menyebar di intenet dan media sosial mengaitkan novel yang terbit pada 1981 dengan wabah virus corona.

Disebutkan bahwa novel yang ditulis oleh Dean Koontz dengan judul The Eyes of Darkness dianggap telah meramalkan wabah virus crona pada tahun 1981.

Memang benar bahwa Koontz menamai senjata biologis fiksi ‘Wuhan-400’ dalam novel ini. Dan juga dibenarkan bahwa Wuhan, Tiongkok adalah kota yang menjadi pusat wabah virus corona 2020. Namun di situlah letak kesamaan tersebut berakhir.

Dalam novel itu disebutkan bahwa Wuhan-400 hanya menginfeksi manusia, tidak ada makhluk hidup lain yang bisa membawanya.

Baca Juga: Cuaca Bekasi Hari ini: Sabtu 29 Februari 2020, Tutup Bulan dengan Hujan Sepanjang Hari, Banjir Masih Mengancam 

Disebutkan Wuhan-400 tidak dapat bertahan hidup di luar tubuh manusia selama lebih dari satu menit. Hal itu berarti virus tersebut tidak dapat mencemari objek secara permanen atau seluruh tempat seperti antraks dan mikroorganisme ganas lainnya.

Selain itu, disebutkan bahwa sifat ketiga adalah ketika manusia yang menjadi inang (host) meninggal, tak lama kemudian Wuhan-400 dalam dirinya lenyap begitu suhu jasad turun di bawah 86 derajat Fahrenheit.

Disebutkan dalam akun Jabar Saber Hoax, menurut badan kesehatan internasional (WHO), virus corona tergolong penyakit zoonotik yang berarti bisa menular antara manusia dan hewan.

Sejauh ini pun belum diketahui pasti darimana virus corona Covid-19 ditularkan oleh kelelawar, ular, atau trenggiling.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X