Sering Dibuang, Ternyata Serat Jagung Miliki Banyak Manfaat Mulai Menurunkan Berat Badan hingga Depresi

- 26 Februari 2020, 14:51 WIB
SERAT jagung.*

PIKIRAN RAKYAT - Jika Anda memakan jagung, pasti Anda akan menemukan serat sutra dalam jagung yang seringkali Anda buang. Namun, jika Anda membaca artikel ini, dipastikan Anda tidak akan membuang serat jagung tersebut.

Sutra jagung (Stigma maydis) adalah benang panjang, sutra, tipis yang tumbuh di bawah kulit jagung. Sutra jagung ini mengandung protein, karbohidrat, kalsium, kalium, magnesium, natrium, garam, minyak atsiri, alkaloid, tanin, saponin, flavonoid, stigmasterol dan sitosterol.

Sutra baik dikonsumsi dalam keadaan segar maupun kering dan telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan Amerika untuk mengobati berbagai penyakit.

Baca Juga: PLN Lakukan Inspeksi, 1.790 Gardu yang Terdampak Banjir Kembali Aktif

Dikutip dari Boldsky oleh Pikiranrakyat-bekasi.com, serat jagung yang sering kita abaikan ternyata memiliki banyak manfaat yang tidak kita duga sebelumnya, simak beberapa manfaat yang dimiliki serat jagung tersebut.

Menurunkan Peradangan

Peradangan kronis dikaitkan dengan berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung dan diabetes. Ekstrak sutra jagung telah terbukti mengurangi peradangan dengan menghentikan aktivitas senyawa peradangan utama.

Baca Juga: Menkeu dan Menparekraf Paparkan Strategi untuk Antisipasi Dampak Virus Corona bagi Ekonomi Indonesia

Serat jagung juga mengandung magnesium, mineral penting yang mengatur respon peradangan tubuh.

Mengurangi Gula Darah

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Boldsky

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X