Dikenal sebagai Bumbu Aromatik, Cengkeh Ternyata Punya Banyak Manfaat Lainnya

- 26 Februari 2020, 19:06 WIB
Cengkeh. Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Cengkeh lebih dari sekadar bumbu aromatik, ia memiliki banyak nutrisi yang menjadikannya bumbu yang bermanfaat dalam pengobatan Cina tradisional dan pengobatan Ayurvedic.

Cengkeh (syzygium aromaticum) adalah tunas kering dari bunga-bunga pohon cengkeh yang termasuk dalam famili tumbuhan Myrtaceae.

Cengkeh yang ditemukan dalam bentuk utuh dan bubuk dikenal karena keserbagunaannya dalam banyak resep seperti kue pedas, minuman, makanan panggang, dan hidangan gurih.

Baca Juga: Depresi Tak Hanya Menyerang Emosional, Simak Beberapa Gelaja pada Fisik

Cengkeh memiliki sifat antioksidan, anti-mikroba, anti-inflamasi, anti-virus dan anti jamur yang berkontribusi besar pada manfaat kesehatan.

Selain itu, cengkeh juga memiliki nilai gizi yang banyak. 100 g cengkeh mengandung energi 286 kkal dan juga mengandung 4,76 g protein, 14,29 g lemak, 66,67 g karbohidrat, 33,3 g serat, 476 mg kalsium, 8,57 mg zat besi, 190 mg magnesium, 1000 mg potasium, dan 286 mg natrium.

Cenkgeh juga ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti dikutip dari Boldsky oleh Pikirarakyat-bekasi.com, simak beberapa manfaat dari cengkeh.

Baca Juga: RUU Ketahanan Keluarga Masuk Prolegnas, Berikut Daftar Pasal yang Menuai Kontroversi

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cengkeh adalah sumber vitamin C yang baik, antioksidan yang larut dalam air yang berkontribusi terhadap pertahanan kekebalan dengan bertindak sebagai penghalang terhadap patogen dan stres oksidatif.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Boldsky

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X