Sering Digunakan untuk Lalap, Ternyata Daun Pepaya Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

- 28 Februari 2020, 13:32 WIB
SEORANG pengunjung kebun pepaya tengah memetik pepaya di kebun pepaya di Blok Cikamarang, Desa Pasirmincang, Kecamatan Panyingkiran, Kabupaten Majalengka Jumat, 2 Agustus 2019. Bekas galian C seluas 10 hektare itu kini dijadikan perkebunan pepaya, jambu, lengkeng, durian, serta mangga.*/TATI PURNAWATI/KC

PIKIRAN RAKYAT - Selain nikmat untuk dijadikan lalapan, daun pepaya juga punya banyak manfaat kesehatan. Daun pepaya memiliki sifat obat luar biasa yang dapat membantu mengelola beberapa kondisi seperti demam berdarah, nyeri haid dan peradangan.

Dikutip Pikiranrakyat.bekasi.com dari Boldsky selain itu menurut sebuah penelitian, daun pepaya mengandung enzim yang disebut papain dan chymopapain yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kesehatan keseluruhan seseorang.

Daun pepaya juga dikemas dengan beberapa phytochemical, vitamin dan mineral yang bertindak sebagai keajaiban bagi tubuh manusia.

Baca Juga: Arab Saudi Hentikan Akses Umrah, DPR: Jangan Rugikan Jemaah secara Materi

Senyawa aktif pada daun pepaya banyak digunakan dalam bentuk jus atau teh untuk mengobati berbagai penyakit.

Di dalam daun pepaya mengandung senyawa yang disebut karpain yang membantu membunuh mikroorganisme dari sistem pencernaan dan mengobati masalah pencernaan lainnya.

Selain itu juga daun pepaya mengandung flavonoid, tanin, α-tokoferol (sejenis vitamin E), beta-karoten, asam askorbat, alkaloid (carpaine), fenol, mineral seperti kalsium, natrium, besi, magnesium dan vitamin A, C, B, K.

Baca Juga: Arab Saudi Tutup Akses Masuk WNA, 1.200 Jemaah Umrah Tertahan di Bandara Soetta

Daun pepaya memiliki manfaat kesehatan, simak apa saja manfaat daun pepaya.

Obati Demam Berdarah

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Boldsky

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X