Datangkan Banyak Manfaat, Simak Cara Bernapas dengan Benar

- 6 Juni 2020, 08:00 WIB
ILUSTRASI meditasi.*

PR BEKASI – Mengambil napas dalam terbukti memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan psikis dan fisik seperti menghilangkan stres, merelaksasi pikiran, bahkan menunjang kebugaran paru-paru.

Namun meski bernapas merupakan proses alami yang dilakukan makhluk hidup, masih sedikit yang mengetahui cara bernapas dengan benar yang bisa mendatangkan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut langkah-langkah mengambil napas dengan benar menurut The American Lung Association sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-bekasi.com dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia.

Baca Juga: Sambut AKB, Kemenkominfo Siap Terapkan FWS

Menggunakan Hidung

Saat merasa sulit bernapas atau terengah-engah, manusia sering kali bernapas melalui mulut. Padahal bernapas menggunakan hidung dapat membantu mengendalikan pola napas menjadi teratur sehingga paru-paru bisa bekerja secara efisien.

Padahal bernapas menggunakan hidung dapat menambah asupan oksida nitrat yang sangat berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Baca Juga: Dinilai Tak Punya Moral, Pesepakbola AS Ajak Warga Tak Kembali Pilih Donald Trump Sebagai Presiden

Selain itu bernapas menggunakan hidung juga bisa membuat lubang hidung secara alami menyaring racun dan alergen dari udara, mampu menyaring udara yang hangat saat suhu cukup dingin, serta mampu melembapkan udara yang sangat kering.

Menggunakan Perut

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X