Instruksi Rahasia China Terkuak, Petugas Medis Wuhan: Kami Diminta Berbohong tentang Bahaya Covid-19

- 19 Januari 2021, 18:15 WIB
Seorang petugas medis di Wuhan bercerita mengenai awal Covid-19 melanda China yang direkam secara sembunyi-sembunyi. /ITV News

PR BEKASI – Beberapa petugas medis di Wuhan China telah mengakui bahwa mereka menyadari virus corona atau Covid-19 dapat ditularkan antarmanusia sejak lama.

Namun mereka diberitahu oleh pemerintah Komunis China untuk tetap diam.
 
Hal tersebut terungkap dari sebuah film dokumenter buatan ITV yang secara diam-diam direkam oleh seorang jurnalis independen saat petugas medis tersebut bercerita awal virus tersebut mulai menyebar di Wuhan, China.
 
Petugas medis mengatakan mereka tidak ragu betapa berbahayanya virus itu dan bahwa mereka mengetahui kematian pertama akibat Covid-19 terjadi pada akhir Desember 2019.

Baca Juga: Cek Fakta: Zat Nikotin di Rokok Dikabarkan Bisa Lindungi Paru-paru dari Virus Corona, Ini Faktanya 

"Sebenarnya, di akhir Desember atau awal Januari, kerabat seseorang yang saya kenal meninggal karena virus ini. Banyak dari mereka yang tinggal bersamanya juga terinfeksi, termasuk orang yang saya kenal," kata petugas medis A.
 
"Kami semua merasa seharusnya tidak ada keraguan tentang penularan dari manusia ke manusia," kata dirinya menambahkan, dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari ITV.
 
Berbicara setelah Wuhan dibebaskan dari lockdown, para petugas medis juga menguraikan penutupan oleh otoritas pemerintah China dilakukan sejak awal wabah.
 
“Kami tahu virus ini ditularkan dari manusia ke manusia. Tetapi ketika kami menghadiri pertemuan rumah sakit, kami diberitahu untuk berbohong tentang wabah Covid-19. Para pemimpin provinsi mengatakan kepada rumah sakit untuk tidak mengatakan yang sebenarnya," kata petugas medis B.

Baca Juga: Viral! Terlalu Giat Bekerja, Wanita Ini Sampai Lupa Pernah Beli Rumah 1.5 Miliar

Mereka mengatakan pihak berwenang tahu bahwa perayaan tahun baru di bulan Januari akan mempercepat penyebaran virus Covid-19.
 
“Masyarakat menyarankan di tingkat kota agar tidak dilanjutkan, tapi dilakukan karena acara seperti itu akan menghadirkan masyarakat yang harmonis dan sejahtera,” tambah petugas medis B.
 
Film dokumenter itu mengungkap bukti bahwa sementara virus yang sangat menular itu menyebar antara 5 dan 17 Januari 2020, tidak ada kasus baru yang secara resmi dilaporkan di China selama periode 12 hari itu.
 
Kesaksian petugas medis di Wuhan didukung oleh ahli virus terkemuka, termasuk spesialis penyakit menular Dr Yi-Chun Lo, Wakil Direktur Jenderal Pusat Pengendalian Penyakit di Taiwan.

Baca Juga: Natalius Pigai Pilih Beli Vaksin Puluhan Juta, Ferdinand: Argumen yang Menyinggung Perasaan Rakyat 

"Pengendalian Covid-19 yang paling awal gagal berantakan. Saya pikir pandemi dapat dihindari pada awalnya jika China transparan tentang wabah dan dengan cepat memberikan informasi yang diperlukan kepada dunia," katanya.
 
Namun pihak berwenang China masih menyangkal virus itu dapat ditularkan dari manusia ke manusia.
 
Film dokumenter tersebut juga berbicara kepada Dr Chuang, dari Jaringan Pencegahan dan Perawatan Penyakit Menular di Taiwan.
 
Yin-Ching Chuang mengatakan, dia dan timnya telah berusaha keras untuk mencapai Wuhan dua minggu setelah dia dan seorang rekannya mendapat izin untuk bepergian.

Baca Juga: Kaget Saat Tonton Video Syur Gisel dari Temannya, Wijin: Gue ke Toilet, Gue Lemes Enggak Ada Tenaga 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: ITV News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X