AS Akan Sumbangkan 500 Juta Dosis Vaksin Pfizer ke Dunia, Termasuk Indonesia?

- 10 Juni 2021, 12:43 WIB
Amerika Serikat dikabarkan akan menyumbangkan 500 juta dosis ke 11 negara.
Amerika Serikat dikabarkan akan menyumbangkan 500 juta dosis ke 11 negara. /The Washington Post

PR BEKASI - Pemerintahan Joe Biden berencana untuk menyumbangkan 500 juta dosis vaksin Covid-19 produksi Pfizer (PFE.N) ke sekitar 100 negara selama dua tahun ke depan.

Dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Reuters, AS kemungkinan akan mendistribusikan 200 juta dosis tahun ini dan 300 juta lainnya pada paruh pertama tahun depan ke 92 negara berpenghasilan rendah dan Uni Afrika.

AS akan menyalurkan sumbangan vaksin itu melalui mekanisme COVAX yang mendistribusikan vaksin Covid-19 ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, dengan dukungan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Global Alliance for Vaccines and Immunization (GAVI).

Baca Juga: Viral Bungkus BTS Meal Bekas Dijual di E-Commerce, Efek McD Tutup Layanan karena Kerumunan

Presiden AS Joe Biden akan mengumumkan kesepakatan itu pada hari ini, Kamis, 10 Juni 2021 dalam KTT G-7, kelompok negara-negara berekonomi maju di Inggris, menurut salah satu sumber.

Kesepakatan itu dinegosiasikan selama empat minggu terakhir oleh koordinator tanggap Covid-19 Gedung Putih Jeff Zients dengan tim gugus tugas virus corona, kata satu sumber.

Baca Juga: Segera Daftarkan Banpres BPUM 2021 sebelum Terlambat Bagi Warga Kabupaten Cilacap

Pada Rabu, 9 Juni 2021 kemarin, Amerika Serikat juga berbicara dengan Moderna Inc tentang membeli beberapa tembakannya untuk disumbangkan ke negara lain.

Seorang juru bicara Moderna mengatakan perusahaan tertarik untuk memberikan suntikan Covid-19 kepada pemerintah AS untuk diberikan kepada negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah tetapi menolak mengomentari diskusi apa pun.***

Halaman:

Editor: Puji Fauziah

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X