Mantan PM Jepang Abe Dilaporkan Tak Akan Hadir pada Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020

- 22 Juli 2021, 10:27 WIB
Mantan PM Jepang, Shinzo Abe dilaporkan tidak akan menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020.
Mantan PM Jepang, Shinzo Abe dilaporkan tidak akan menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020. /AFP


PR BEKASI - Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe mencari perhatian publik di tengah menyambut Olimpiade Tokyo 2020.

Seperti diketahui bahwa Abe yang berpakaian seperti tukang ledeng tituler dari video game Super Mario untuk mempromosikan Olimpiade Tokyo 2020 di Rio.

Namun, Abe dikabarkan tidak akan menghadiri upacara pembukaan, penyiar publik NHK dan media lainnya.

Abe memainkan peran besar dalam menarik Olimpiade ke Tokyo, ia berjanji di depan ruang perjamuan yang penuh dengan anggota Komite Olimpiade Internasional pada tahun 2013 lalu, bahwa bencana nuklir yang masih ada di Fukushima "terkendali".

Baca Juga: Olimpiade Tokyo 2020: Jadwal Pertandingan Babak Grup Tim Bulutangkis Indonesia yang Disiarkan TVRI

Abe juga menyebut negaranya sebagai "bersemangat, bangga, dan orang yang sangat percaya" di Olimpiade, sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Reuters pada Kamis, 22 Juli 2021.

Selanjutnya, Abe mengundurkan diri dari jabatannya tahun lalu karena alasan kesehatan, dan penggantinya sebagai perdana menteri, Yoshihide Suga, diperkirakan akan hadir.

Mengenai hal tersebut, kantor Abe tidak dapat segera dihubungi pada hari Kamis, 22 Juli 2021 ini lantaran hari libur umum di Jepang.

Namun, upacara pembukaan pada hari Jumat, 23 Juli 2021 besok yang biasanya merupakan pertunjukan utama dari negara tuan rumah, diatur untuk menjadi urusan yang tenang, dengan media Jepang melaporkan bahwa kurang dari 950 orang - termasuk hanya sekitar 15 pemimpin global - akan hadir.

Halaman:

Editor: Rinrin Rindawati

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X