Belum Usai Covid-19, Kali Ini Muncul Virus Monkey B yang Mematikan dari China

- 25 Juli 2021, 09:15 WIB
China melaporkan kasus pertama penularan dan kematian manusia pertama yang disebabkan oleh virus Monkey-B yang diketahui berasal dari monyet.
China melaporkan kasus pertama penularan dan kematian manusia pertama yang disebabkan oleh virus Monkey-B yang diketahui berasal dari monyet. /REUTERS

PR BEKASI – Belum usai pandemi Covid-19 menyerang seluruh dunia, kali ini muncul kembali sebuah virus mematikan yang berasal dari China.

Pada Sabtu, 24 Juli 2021 China baru saja melaporkan telah terjadi kasus pertama penularan dan kematian manusia yang disebabkan oleh virus Monkey B.

Diketahui, seorang ahli bedah hewan yang berbasis di Beijing ditemukan terinfeksi virus tersebut setelah membedah dua monyet mati pada Maret 2021 lalu.

Baca Juga: Virus 'Aneh' Kembali Muncul di China, Virus Monkey B Tewaskan Seorang Dokter Hewan

Dokter hewan berusia 53 tahun itu mulai mengalami mual dan muntah dan sebulan kemudian, diikuti demam dan gejala neurologis.

“Dia mengunjungi beberapa rumah sakit tetapi akhirnya meninggal pada 27 Mei 2021 kata media China CDC Weekly, dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari India.com.

Sementara ahli bedah China meninggal karena virus Monkey-B, sampai artikel ini dibuat masih belum ada laporan penularan dari manusia ke manusia dan pelacakan kontak menunjukkan hasil negatif.

Diketahui, virus Monkey-B yang dikatakan mematikan tersebut ditemukan di antara kera pada puluhan tahun lalu.

Baca Juga: Tak Masukkan Taiwan dan Laut Natuna Utara sebagai Wilayahnya dalam Peta, China Kecam Media AS

Halaman:

Editor: Puji Fauziah

Sumber: India


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X