Badai Matahari Super Berisiko Sebabkan 'Kiamat Internet', Putuskan Jaringan Selama Berbulan-bulan

- 11 September 2021, 10:45 WIB
Ilustrasi. Badai matahari super sebabkan kiamat internet selama berbulan-bulan.
Ilustrasi. Badai matahari super sebabkan kiamat internet selama berbulan-bulan. /Pexels

 

PR BEKASI - Koneksi internet yang dibutuhkan jutaan orang di Dunia untuk terkoneksi di Dunia Digital terancam akan terputus oleh Solars Superstorms atau Badai Matahari Super.

Hal ini diungkap oleh para ilmuwan pada konferensi komunikasi data SIGCOMM 2021 sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Mashable SEA pada Minggu, 11 September 2021.

Para peneliti mempresentasikan hal tersebut dalam penelitian mereka yang berjudul “Solar Superstorms: Planning for an Internet Apocalypse”.

Sebelum lebih jauh Badai matahari sendiri terjadi ketika partikel bermuatan besar dan plasma dikeluarkan dari matahari dan diledakkan ke luar angkasa.

Baca Juga: Matahari Diprediksi Menelan Bumi, Para Astronom Ungkap Peristiwa yang Terjadi Setelahnya

Kini para peneliti dari University of California memperingatkan bahwa badai matahari berikutnya kemungkinan akan menyebabkan "kiamat internet".

Badai matahari super ini diprediksi berakibat sangat buruk sehingga berisiko memutus koneksi internet global yang berpotensi berlangsung selama berbulan-bulan.

Tim ilmuwan mengatakan bahwa awan partikel magnet yang bergerak cepat yang dimuntahkan dari matahari selama badai matahari berlangsung berpotensi menyebabkan kerusakan ekstrim pada infrastruktur internet yang ada di Bumi.

Halaman:

Editor: Rinrin Rindawati

Sumber: Mashable


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah