Arus Jet Atlantik Utara Terancam Rusak oleh Perubahan Iklim, Bencana Alam Akan Lebih Sering Terjadi

- 14 September 2021, 20:23 WIB
Perubahan iklim yang semakin memburuk dapat mengakibatkan arus jet Atlantik Utara rusak yang dapat menyebabkan bencana alam lebih sering terjadi di wilayah tersebut.
Perubahan iklim yang semakin memburuk dapat mengakibatkan arus jet Atlantik Utara rusak yang dapat menyebabkan bencana alam lebih sering terjadi di wilayah tersebut. /REUTERS

PR BEKASI – Ilmuwan dari Universitas Arizona telah memperingatkan bahwa perubahan iklim yang semakin buruk mengancam mengacaukan arus jet Atlantik Utara.

Hal tersebut dapat menyebabkan bencana alam seperti banjir, badai, dan cuaca ekstrem lebih sering terjadi.

Penelitian baru telah menunjukkan posisi arus jet Atlantik Utara telah berubah selama 1.250 tahun terakhir dan telah tumbuh dalam intensitas.

Baca Juga: Perubahan Iklim Semakin Parah, PBB: Ini Akan Memperburuk Konflik di Seluruh Dunia

Arus jet sendiri merupakan fenomena alam dimana angin bertiup sangat kencang bahkan kecepatan bisa lebih dari 100 kilometer per jam.

Diketahui, arus jet Atlantik Utara mengacu pada inti angin sekitar lima hingga tujuh mil di atas permukaan bumi yang bertiup dari barat ke timur.

Ini menyebabkan perubahan angin dan tekanan dan bertanggung jawab untuk membentuk beberapa cuaca yang terjadi di berbagai belahan dunia akhir-akhir ini.

Baca Juga: Konferensi Perubahan Iklim COP 26 Akan Segera Digelar, Inggris Kirim Vaksin Covid-19 untuk Para Delegasi

Fenomena itu diketahui menyumbang sekitar sepuluh persen dan 15 persen dari varian curah hujan tahunan dan suhu di Amerika Utara bagian timur dan Eropa barat.

Halaman:

Editor: Puji Fauziah

Sumber: Express


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X