Bumi Dihantam Badai Matahari Hari Ini, Radio dan GPS Terancam Tak Berguna

- 12 Oktober 2021, 09:47 WIB
Komunikasi radio dan GPS terancam putus akibat badai Matahari yang akan menghantam Bumi hari ini.
Komunikasi radio dan GPS terancam putus akibat badai Matahari yang akan menghantam Bumi hari ini. /NASA

 

PR BEKASI – Para ilmuwan memperingatkan badai Matahari yang diperkirakan akan menghantam Bumi hari ini dapat merusak komunikasi GPS dan radio.

Sebelumnya, peramal cuaca ruang angkasa telah mengeluarkan peringatan badai matahari untuk Senin, 11 Oktober 2021 dan Selasa, 12 Oktober 2021 menyusul ledakan aktivitas Matahari.

Matahari diketahui telah mengeluarkan coronal mass ejection atau CME pada Sabtu, 9 Oktober 2021 yang diperkirakan akan menghantam medan magnet bumi sekitar pukul 5 sore BST atau sekitar pukul 11 malam WIB.

Dampaknya diperkirakan akan memicu badai Matahari berkekuatan sedang yang berpotensi mengganggu teknologi satelit.

Baca Juga: Berjalan Sangat Lambat, Badai Matahari Diperkirakan Hantam Bumi Hari Ini

Menurut Pusat Prediksi Cuaca Luar Angkasa AS (SWPC), badai dapat menyebabkan fluktuasi jaringan listrik, mengganggu operasi satelit, dan bahkan mengganggu sinyal radio.

Sebuah peringatan kuning untuk aurora juga telah diterbitkan di Inggris, sebagai peramal memprediksi fenomena Aurora Borealis bisa terlihat dari bagian negara bila cuaca memungkinkan.

Berita tentang badai Matahari yang akan segera terjadi kini telah memicu ketakutan di media sosial, namun, para ahli telah meyakinkan bahwa dampaknya akan kecil.

Halaman:

Editor: Rinrin Rindawati

Sumber: Express


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X