Ilmuwan Bingung dengan Sinyal Radio Misterius yang Dipancarkan dari Pusat Bima Sakti

- 13 Oktober 2021, 09:29 WIB
Para ilmuwan mendeteksi sinyal radio misterius dari sumber yang tidak diketahui di pusat galaksi Bima Sakti.
Para ilmuwan mendeteksi sinyal radio misterius dari sumber yang tidak diketahui di pusat galaksi Bima Sakti. /D. Futselaar/S.P. Tendulkar/ASTRON

 

PR BEKASI – Para ilmuwan dibuat bingung setelah mendeteksi sinyal radio misterius yang dipancarkan ke Bumi dari sumber yang tidak diketahui di pusat galaksi Bima Sakti.

Penemuan tak terduga ini dilakukan oleh para peneliti di Universitas Sydney dengan menggunakan teleskop radio yang kuat di Australia Barat.

Meskipun para ilmuwan sering mendeteksi fenomena tidak biasa yang datang dari jantung galaksi, mereka sejauh ini gagal menjelaskan temuan terbaru itu.

Sinyal radio yang ditangkap oleh Teleskop Pathfinder SKA Australia (ASKAP) tampaknya tidak cocok dengan sumber sinyal radio yang diketahui di ruang angkasa.

Baca Juga: Ilmuwan Peringatkan Bahaya Virus Nipah Varian Delta, Tingkat Kematiannya Capai 50 Persen

Para ilmuwan sekarang bertekad untuk menemukan apa yang sebenarnya terjadi di pusat galaksi Bima Sakti yang berjarak sekitar 26.000 tahun cahaya dari Bumi.

Menurut mahasiswa internasional Ziteng Wang yang membuat penemuan itu, sinyal radio tersebut mungkin menunjukkan adanya kelas baru objek bintang.

"Properti paling aneh dari sinyal baru ini adalah memiliki polarisasi yang sangat tinggi. Ini berarti cahayanya berosilasi hanya dalam satu arah, tetapi arah itu berputar seiring waktu," katanya, dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Express, Rabu, 13 Oktober 2021.

Halaman:

Editor: Rinrin Rindawati

Sumber: Express


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X