Kamis, 20 Februari 2020

Gara-gara Makan Steamboat di Restoran, 2 Orang Dinyatakan Positif Virus Corona

- 11 Februari 2020, 15:14 WIB
ILUSTRASI steamboat.*

PIKIRAN RAKYAT - Baru-baru ini, satu kelompok yang terdiri dari lima orang teman mengadakan acara makan bersama di sebuah restoran di Jiangsu, Tiongkok.

Mereka memesan makanan jenis Steamboat atau makanan dalam porsi jumbo yang disajikan dalam sebuah wajan besar, langsung di atas api, kemudian dikonsumsi secara bersamaan.

Di beberapa negara Asia, panganan ini menjadi sebuah primadona lantaran satu meja dengan satu buah makanan akan menciptakan ikatan batin yang lebih erat antara satu sama lain.

Baca Juga: Rutan Kelas I Cipinang Ditembak Orang Tak Dikenal 

Sayangnya, mewabahnya virus corona membuat semua orang terkhusus di Tiongkok harus waspada dan hati-hati ketika berkumpul dengan teman-teman karena penyebaran virus bisa terjadi di mana saja, kapan saja, dan melalui siapa saja.

Dari lima orang teman yang melakukan acara makan bersama, tak lama dua di antaranya mulai menunjukkan gejala virus corona. Setelah melakukan tes uji kesehatan, keduanya positif terjangkit virus corona.

Dikutip oleh Pikiran-Rakyat.com dari World of Buzz, menurut seorang dokter senior di Tiongkok, virus corona pun dapat menular melalui penularan aerosol. Lima kelompok teman yang makan di Kota Jiangsu itu menangkap virus corona melalui aerosol.

Penularan ini cenderung terjadi ketika sekelompok orang berkumpul di dalam ruangan yang sama dengan suhu udara yang memungkinkan bagi partikel-partikel udara untuk menguap ke udara, yang mungkin saja partikel yang menguap ini mengandung infeksi.

Baca Juga: Berlangsung Selama 3 Hari, Pemkab Bekasi Buka Kios Disdukcapil di Sejumlah Titik 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X