Beredar Kabar Terjadi Ledakan dan Kebakaran Gedung Isolasi di Wuhan Saat Sibuk Urusi Pasien Virus Corona, Cek Faktanya

- 18 Februari 2020, 10:20 WIB
BEREDAR kabar ruang isolasi di Wuhan alami kebakaran dan ledakan.* /Twitter

 

PIKIRAN RAKYAT - Wuhan masih jadi perbincangan ramai di banyak negara. Pasalnya kota tersebut menjadi awal mula ditemukannya virus corona yang saat ini kecepatan penyebaran wabah virusnya sangat cepat.

Sebelumnya beredar foto yang viral di media sosial serta aplikasi percakapan yang menampilkan gambar sejumlah orang terkapar di jalanan Wuhan.

Dalam narasi unggahan tersebut mengatakan, "Mayat-mayat orang Tiongkok bergelimpangan di jalan-jalan kota Wuhan, Tiongkok. Foto diambil dari satelit azab untuk Tiongkok Komunis," tulis seseorang di media sosialnya.

Akan tetapi, Jabar Saber Hoaks dengan sigap menyatakan dalam unggahan Instagram bahwa foto tersebut bukanlah foto mayat dan objek foto tersebut tidak berlokasi di Wuhan, Tiongkok melainkan foto tersebut merupakan foto orang-orang yang berbaring di Frankfurt, Jerman.

Baca Juga: Kementerian Kesehatan Malaysia Konfirmasi 9 dari 22 Pasien Virus Corona di Malaysia Dinyatakan Sembuh

Orang-orang tersebut tengah melaksanakan proyek seni untuk mengenang 528 korban kamp konsentrasi Nazi. Foto tersebut sudah terpampang di berbagai media internasional seperti Reuteurs, South China Morning Post, dan Voice of America.

Baru-baru ini kembali beredar video di media sosial Facebook yang menyebutkan bahwa hotel atau gedung tempat untuk isolasi pasien virus corona di kota Wuhan meledak dan menyebabkan kebakaran.

Dengan itu, Pikiranrakyat-Bekasi.com mengutip dari situs Kominfo yang juga telah mengonfirmasi bahwa kabar tersebut tidak benar adanya.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Kominfo

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X