Satu dari Tiga Orang Kekurangan Makanan Setiap Hari di Venezuela

- 25 Februari 2020, 16:34 WIB
SUDAH ada empat juta warga Venezuela mengungsi ke negara lain di Amerika Latin karena krisis ekonomi dan krisis kemanusiaan yang terjadi di negaranya.*/DOK UNHCR

PIKIRAN RAKYAT - Satu dari tiga orang di Venezuela mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan gizinya setiap hari.

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), keadaan ini terjadi akibat ketidakstabilan politik dan ekonomi yang selalu menghantui Venezuela sejak lama.

PBB membuat pernyataan tersebut berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh UN World Food Programme (WFP), organisasi di bawah PBB yang memantau keadaan pangan berbagai negara.

Baca Juga: Komnas Perempuan Kritik RUU Ketahanan Keluarga: Timpang Tindih Hukum

Dikutip dari The Guardian oleh pikiranrakyat-bekasi.com, WFP melakukan sebuah survei dengan 8.375 kuisioner yang disebarkan ke seluruh Venezuela, dan hasilnya sangat mengejutkan para peneliti.

9,3 juta penduduk Venezuela, sepertiga dari populasi totalnya, mengalami kekurangan gizi setiap harinya.

Survei ini menyatakan bahwa kebanyakan warga Venezuela harus bergantung pada umbi-umbian serta kacang-kacangan sebagai makanan sehari-harinya.

Baca Juga: Terungkap, Kenapa Kita Jarang Melihat Kunang-kunang

Survei ini juga menunjukkan bahwa 74 persen keluarga di negara itu melakukan upaya penghematan makanan, seperti dengan mengurangi jumlah atau kualitas makanan mereka.

33 persen keluarga mengakui bahwa mereka menerima makanan sebagai gaji dan 20 persen lainnya menyatakan menjual barang-barang rumah tangga demi mendapatkan makanan.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: The Guardian

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X