Kasus Pertama Virus Corona, Oman: 2 Wanita yang Miliki Riwayat Perjalanan dari Iran

- 26 Februari 2020, 10:36 WIB
OMAN mengonfirmasi kasus pertama positif virus corona merupakan dua orang perempuan yang memiliki riwayat perjalanan dari Iran.*

PIKIRAN RAKYAT – 4 hari lalu Kementerian Kesehatan Oman baru saja menyatakan negaranya bebas dari wabah penyakit akibat virus corona.

Pemerintah Oman juga mengeluarkan kebijakan baru mengenai larangan warga negaranya berkunjung ke negara-negara di wilayah Timur Tengah yang sudah mengonfirmasi adanya kasus virus corona seperti Uni Emirat Arab, Mesir, Lebanon, dan Iran.

Namun, dikutip oleh Pikiranrakyat-bekasi.com dari akun instagram resmi KBRI Muscat menginformasikan pada 24 Februari 2020, Kementerian Kesehatan Oman telah melaporkan temuan kasus pertama positif terinfeksi virus corona di negara tersebut.

Kementerian Kesehatan Oman mengungkapkan kasus pertama tersebut merupakan 2 orang berjenis kelamin perempuan yang memiliki riwayat perjalanan ke Iran dalam jangka waktu dekat.

Baca Juga: Penemuan 9 Kasus Virus Corona di 5 Kota dalam Waktu 2 Hari, Kemenkes Oman Angkat Bicara 

Atas temuan kasus tersebut, Otoritas Penerbangan Sipil Oman (PACA) mengambil kebijakan baru dengan menangguhkan sementara waktu penerbangan menuju dan dari Iran yang mulai diberlakukan sejak Senin, 24 Februari 2020.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Oman juga telah mengarantina lebih dari 250 orang yang baru saja datang dari negara-negara yang menjadi epidemi virus corona seperti Tiongkok, Korea Selatan, Jepang, Singapura, dan Iran.

Kementerian Kesehatan Oman juga telah melakukan contact tracking terhadap penemuan kasus COVID-19 di negaranya. Pihaknya menemukan sebanyak 35 orang yang melakukan kontak langsung dan berada dalam satu pesawat dengan kedua perempuan yang dinyatakan positif virus corona di Oman tersebut.

Pada 22 Februari 2020 lalu, Kemeterian Kesehatan Oman telah mengeluarkan kebijakan terhadap orang-orang yang memiliki riwayat perjalanan dari 5 negara yang menjadi epidemi virus corona dalam 14 hari terakhir wajib menghubungi layanan Kementerian Kesehatan Oman di +968 24441999 untuk mendapat tindakan pencegahan dan melalui tahap karantina selama 14 hari.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X