Diduga Adanya Islamophobia di Internal Partai Politik, 100 Masjid Tuntut Usut Kasusnya

- 24 Mei 2020, 21:30 WIB
ILUSTRASI Masjid PIXABAY/aditya_wicak

PIKIRAN RAKYAT - Lebih dari 100 masjid dan organisasi Islam di Inggris telah menandatangani surat menuntut Komisi HAM dan Kesetaraan mengevaluasi kinerjanya dan menyelidiki dugaan Islamophobia di Partai Konservatif.

Dikutip Pikiranrakyat-bekasi.com dari Middle East Eye Minggu, 24 Mei 2020 surat ini sebagai kritik terhadap Komisi HAM dan Kesetaraan sebagai lembaga independen yang bertanggung jawab untuk memberdayakan sejumlah undang-undang kesetaraan di Inggris, telah gagal melaksanakan tanggung jawabnya.

Dalam surat tersebut, Partai Konservatif diduga menyuarakan pandangan-pandangan Islamophobia.

Baca Juga: Salat Idulfitri di Atap, Kisah Unik Lebaran 2020 Para Perantau

"Ini tidak dapat diterima untuk badan hukum independen yang tanggung jawabnya mendorong kesetaraan dan keberagaman, menghilangkan diskriminasi yang melanggar hukum, tidak menginvestigasi tuduhan," ungkap penulis dalam surat itu.

Upaya Komisi mengabaikan penyelidikan Islamophobia di Partai Konservatif sementara Islamophobia semakin menguat, akan membuat komunitas Muslim Inggris semakin rentan terhadap diskriminasi.

Pada Maret 2020, Dewan Muslim Inggris telah mengajukan 300 tuduhan Islamophobia yang dilakukan anggota Partai Konservatif.

Baca Juga: Bimbim Slank Dikabarkan Ucapkan Selamat Ulang Tahun kepada PKI, Simak Faktanya

Dewan telah berulang kali memperbaharui permintaannya agar Komisi HAM dan Kesetaraan melakukan penyelidikan tentang Islamophobia di tubuh Partai Konservatif.

Sekelompok Muslim pada akhir Desember lalu meminta komisi ini melakukan penyelidikan tentang Islamophobia di Partai Konservatif.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Middle East Eye


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X