Akibat Jumlah Mayat Covid-19 Kian Membludak, Keluarga Alami Kesulitan untuk Mencari Jasad Korban

- 27 Mei 2020, 15:05 WIB
HECTOR Vanegas, seorang pengacara yang mewakili keluarga yang mencari orang yang mereka cintai yang telah meninggal atau salah diidentifikasi selama berjangkitnya penyakit Covid-19, bertemu dengan Dolores Centeno yang telah mencari mayat ayahnya, di Guayaquil, Ekuador.*

PIKIRAN RAKYAT - Ekuador menemui masalah yang begitu pelik akibat wabah pandemi virus corona yang telah membunuh lebih dari 3.200 jiwa. Bahkan pihak keluarga kesulitan untuk menemukan sanak saudaranya yang meninggal.

Salah satunya Dolores Centeno. Ia mengaku telah menjelajahi kamar mayat dan kuburan Guayaquil, kota terbesar di Ekuador, selama dua bulan terakhir untuk mencari mendiang ayahnya.

Sekarang, dalam upaya terakhir untuk menemukannya, dirinya berharap untuk melihat sekilas bekas luka di dadanya yang akan membedakannya dari puluhan mayat yang membusuk dalam wadah pengiriman yang baru diisi.

Seperti halnya keluarga lainnya, yang juga mencari orang-orang yang dicintai akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Saham Asia Tersandung Akibat Meningkatnya Ketegangan yang Terjadi di Hong Kong 

Dolores Centeno berdoa agar tubuh ayahnya yang berusia 63 tahun termasuk di antara lebih dari 130 mayat yang menurut pihak berwenang sedang ditangani dan saat ini hanya menunggu identifikasi.

Kota Guayaquil pada bulan Maret dan April mengalami dampak yang besar akibat Covid-19, yang menyebabkan mayat-mayat menumpuk di sejumlah rumah sakit. Bahkan tumpukan mayat tersebut banyak yang disimpan berhari-hari sebelum pihak berwenang datang untuk mengambilnya.

Pemerintah membentuk gugus tugas untuk mengumpulkan mayat dan mengerahkan kontainer untuk menyimpan badan-badan pemasangan.

Tetapi kekacauan itu memberi jalan bagi disorganisasi. Mayat hilang atau salah diidentifikasi, mengakibatkan keluarga mencari orang yang dicintai di kamar mayat, rumah sakit, dan di dalam kontainer.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: reuters


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X