Tidak Hanya di Lautan, Tiongkok Berencana Kuasai Ruang Angkasa dengan Bangun Stasiun Pada Tahun 2023

- 29 Mei 2020, 21:46 WIB
ILUSTRASI stasiun luar angkasa.*

PIKIRAN RAKYAT - Tiongkok dikabarkan tengah bersiap untuk melaksanakan 11 misi dalam dua tahun dengan membangun stasiun ruang angkasa dan akan segera memilih sejumlah astronot baru untuk proyek tersebut.

Dilansir Space News oleh Pikiranrakyat-Bekasi.com, Kepala Perancang Program Luar Angkasa Manusia Tiongkok, Zhou Jianping mengatakan modul pertama untuk stasiun ruang angkasa Tiongkok akan diluncurkan pada tahun 2021.

Peluncuran modul inti Tianhe pada Long March 5B dapat berlangsung di Wenchang pada awal 2021. Peluncuran ini akan diikuti oleh penerbangan Shenzhou yang diawaki, dari Jiuquan, dan misi kargo Tianzhou.

Baca Juga: Ruhut Sitompul Dikabarkan Gantikan Mahfud MD Sebagai Anggota BPIP, Cek Faktanya 

Modul percobaan pertama dari dua yang direncakan akan diluncurkan untuk docking dengan Tianhe.

Keseluruhan 11 peluncuran akan dilakukan untuk menyelesaikan pembangunan stasiun ruang angka sekitar tahun 2023, kata Zhou Jianping.

Ini akan menjadi peluncuran inti dan dua modul percobaan, serta empat pesawat ruang angkasa berawak, dan empat pesawat ruang angkasa kargo.

Rencana peluncuran intensif terungkap setelah penerbangan uji coba dinilai sukses dari roket Long March 5B yang dilakukan pada 5 Mei 2020.

Baca Juga: Ridwan Kamil Umumkan 2 Zona di Jabar, Bekasi dan 10 Daerah Lainnya Lanjut PSBB Parsial 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Space News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X