Kawanan Monyet Jarah Sampel Darah Pasien Virus Corona di India, Kekhawatiran Meningkat

- 30 Mei 2020, 18:35 WIB
TABUNG tes darah dengan label keterangan positif 2019-nCoV atau virus corona COVID-19.*

PIKIRAN RAKYAT - Sekawanan monyet di India menyerang petugas medis dan mengambil sampel darah dari pasien virus corona, Jumat 29 Mei 2020.

Dikutip Pikiranrakyat-bekasi.com dari The Independent, Sabtu 30 Mei 2020, serangan monyet itu terjadi ketika teknisi laboratorium berjalan di kampus universitas kedokteran yang dikelola pemerintah di Meerut, sekira 460 kilometer di utara Lucknow, ibu kota negara bagian Uttar Pradesh.

"Monyet mengambil (sampel) dan melarikan diri dengan sampel darah dari empat pasien Covid-19 yang sedang menjalani perawatan. Kami harus mengambil sampel darah mereka lagi," kata Dr. S K Garg.

Pihak berwenang mengatakan, masih tidak jelas apakah monyet yang mengambil sampel darah itu sudah menumpahkan sampel darah atau belum.

Baca Juga: Protokol New Normal, Setiap 3 Jam Suhu Tubuh Penumpang Kereta Api Akan Dicek

Semua orang yang tinggal di lingkungan kampus khawatir penyebaran virus corona akan berlanjut jika monyet-monyet itu membawa sampel darah ke lingkungan mereka.

Gard mengatakan, masih belum jelas apakah monyet bisa terinfeksi virus corona jika mereka terpapar darah dari pasien yang positif Covid-19.

"Tidak ada bukti yang ditemukan bahwa monyet dapat tertular infeksi," kata Garg.

Virus corona diyakini berpindah dari hewan ke manusia di pasar satwa liar di kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok akhir tahun lalu.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Sumber: The Independent


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X