Kerusuhan di Negeri Paman Sam Memanas Setelah Donald Trump Ancam Kerahkan Militer AS

- 2 Juni 2020, 14:04 WIB
PETUGAS divisi berseragam Dinas Rahasia AS menghadapi demonstran selama protes terhadap kematian di tahanan George Floyd di Minneapolis, dekat Gedung Putih di Washington, DC, AS, 1 Juni 2020.* /Jonathan Ernst/REUTERS

PR BEKASI - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada hari Senin, 1 Juni 2020 bersumpah untuk menggunakan militer AS untuk menghentikan aksi protes atas kematian seorang pria kulit hitam oleh oknum polisi setempat.

Beberapa jam setelah pernyataan Donald Trump di Taman Mawar Gedung Putih, aksi protes kembali membara di malam ketujuh. Di mana para demonstran dikabarkan membakar sebuah mal di Los Angeles (LA) dan menjarah toko-toko di New York City.

"Wali Kota dan Gubernur harus membangun kehadiran penegakan hukum yang luar biasa hingga kekerasan telah diatasi. Jika sebuah kota atau negara menolak untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk mempertahankan kehidupan dan properti penduduk mereka, maka saya akan mengerahkan militer AS dan dengan cepat menyelesaikan masalah," kata Donald Trump dikutip dari Reuters.

Baca Juga: Gugus Tugas Perbolehkan 102 Daerah Terapkan New Normal, Tak Ada Satupun Wilayah Jawa Barat

Usai berpidato, Donald Trump berjalan dari Gedung Putih melalui area yang telah disterilkan untuknya ke Gereja Episkopal St. John di dekatnya, di mana ia memegang Alkitab ketika ia berfoto bersama putrinya, Ivanka, dan Jaksa Agung AS William Barr.

Ketua keuskupan Gereja Episkopal di Washington D.C, Michale Curry, termasuk di antaa mereka yang mengkritik Donald Trump atas penggunaan gereja bersejarah untuk kesempatan berfoto.

"Dengan melakukan itu, dia (Donald Trump) menggunakan bangunan gereja dan Alkitab untuk tujuan politik partisan," kata Michale Curry di Twitter sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com.

Baca Juga: Demonstrasi Berujung Rusuh di AS, IHSG dan Nilai Tukar Rupiah Dibuka Menguat

Dikabarkan Gereja Episkopal St. John mengelami kerusakan akibat kebakaran kecil selama aksi protes terjadi pada Senin 1 Juni 2020 malam waktu AS.

Kebakaran di Hollywood

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X