Peneliti Temukan Gunung Api Terbesar di Dunia, Bersembunyi di Dasar Laut Samudra Pasifik

- 2 Juni 2020, 16:29 WIB
GARDNER Pinnacles adalah satu-satunya yang terlihat dari Puhahonu gunung berapi terbesar di dunia.*

PR BEKASI - Sebuah penelitian mengungkapkan penemuan terbaru bahwa telah menemukan sebuah gunung api terbesar di dunia yang disebutkan bersembunyi di dasar laut Samudra Pasifik.

Gunung berapi yang digadang-gadang terbesar di dunia tersebut berada di sekitar 952 kilometer barat laut Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat.

Dilansir CNN International oleh Pikiranrakyat-Bekasi.com, dua puncak tandus yang hanya naik sekitar 170 kaki di atas permukaan laut, gunung berapi Puhahonu yang saat ini sudah punah di Kepulauan Hawaii Barat Laut tidak terlihat.

Baca Juga: Gugus Tugas Perbolehkan 102 Daerah Terapkan New Normal, Tak Ada Satupun Wilayah Jawa Barat 

Akan tetapi para ilmuwan di Universitas Hawaii di Manoa membuktikan bahwa nyatanya penampilan dapat menipu. Ternyata sebagian besar dari gunung terendam di dalam laut.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Earth and Planetary Science Letters dengan judul "Puhahonu: Earth's biggest and hottest shiel volcano".

Dalam penelitian tersebut menyebutkan bahwa Puhohanu merupakan gunung berapi terbesar di dunia, mengalahkan sebutan gunung berapi terbesar yang sebelumnya dinobatkan kepada Maunia Loa.

Mauna Loa di Pulau Besar Hawaii sudah sejak lama ditetapkan sebagai gunung berapi terbesar di dunia, yang mana menjulang lebih dari 30.000 kaki (9.170 meter) di atas dasar laut Samudra Pasifik dan memiliki volume lebih dari 19.200 mil kubik (80.000 kubik-kilometer).

Baca Juga: Di Tengah Perang Lawan Corona, Ebola Jenis Baru Dilaporkan Kembali Muncul di Kongo 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: CNN


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

Zona Priangan

Ferrari Lepas Vettel

5 Juli 2020, 22:24 WIB
X