Bombardir Acara Romantis Korea Selatan Berbanding Terbalik dengan Persepsi Warga soal Pernikahan

- 11 Maret 2023, 11:39 WIB
Ilustrasi, pernikahan dan memiliki anak dipandang tak lagi penting bagi warga Korea Selatan.
Ilustrasi, pernikahan dan memiliki anak dipandang tak lagi penting bagi warga Korea Selatan. /Freepik/senivpetro

PATRIOT BEKASI - Para pencinta drama Korea atau drakor tentunya tak asing dengan tampilan kencan atau genre romantis yang ditunjukkan, sampai-sampai sukses membuat penonton terbucin-bucin melihatnya, tapi realitanya minat romansa di Korea Selatan tak pernah sedahsyat itu.

Reuters pun melakukan perhitungan, dan ada setidaknya 20 acara semacam kencan di setiap jaringan TV kabel serta platform streaming video di Korea Selatan, meningkat tiga kali lipat dari 2021.

Selain itu, banyak sekali acara yang mengusung tema perjodohan, tapi makin banyak pula yang menyoroti bagaimana anak muda di sana tak lagi sama memandang pernikahan atau membangun sebuah keluarga.

"Living Together without Marriage", misalnya, di mana difokuskan pada pasangan yang hidup bersama tanpa adanya ikatan pernikahan.

Baca Juga: In the Name of God A Holy Betrayal Buat Penonton Tak Nyaman, Ternyata Itu hanya Secuil Aksi Jeong Myeong Seok

Atau juga His Man, yang menampilkan para LGBT, sementara acara lainnya ada juga yang menyoroti bagaimana seseorang yang bercerai kembali berpetualang mencari cinta.

Di Korea Selatan, pernikahan serta keinginan menjadi orang tua telah menurun drastis, yang menjadi kambing hitam adalah ketidaksetaraan gender serta biaya membesarkan anak yang tinggi.

Kim Jin, kepala produser "Living Together without Marriage", menyampaikan bahwa acaranya tidak bermaksud memberi anjuran bagi pasangan agar hidup bersama tanpa menikah atau mencegah pernikahan, dan ini memicu pro kontra.

"Dengan menampilkan gaya hidup pasangan ini dan alasan di balik keputusan mereka, kami ingin mengangkat topik ini ke masyarakat," ujarnya.

Halaman:

Editor: M Hafni Ali

Sumber: Japan Today


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah