Tanggapi Kunjungan AS ke Taiwan, Tiongkok Gelar Latihan Militer di Dekat Selat Taiwan

- 18 September 2020, 16:52 WIB
Tiongkok meningkatkan aktivitas militernya di sekitar Selat Taiwan dengan melaksanakan latihan militer yang dimulai di perairan tersebut pada hari Jumat, 18 September 2020.* /Reuters/ /

 

PR BEKASITiongkok mengatakan pada Jumat, 18 September 2020 bahwa pihaknya sedang menggelar latihan militer di dekat Selat Taiwan.

Latihan militer tersebut merupakan bentuk tanggapan Tiongkok atas kunjungan pejabat senior Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) ke Taiwan untuk bertemu dengan presiden negara pulau tersebut setelah 40 tahun lamanya.

“Latihan militer ini merupakan tanggapan terhadap situasi saat ini dan dirancang untuk melindungi kedaulatan nasional Tiongkok,” kata juru bicara kementerian pertahanan Tiongkok, Ren Guoqiang, dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Aljazeera.

Baca Juga: Kerap Terjadi Serangan dari KKB, Sukamta: Mayoritas Masyarakat Papua Tetap Berjiwa NKRI

Beijing mengklaim Taiwan sebagai wilayah miliknya dan sedang khawatir atas meningkatnya kesediaan AS untuk menentang upaya Tiongkok untuk mengisolasi pulau yang diperintah secara demokratis tersebut.

Keith Krach, Wakil Menteri Luar Negeri untuk Pertumbuhan Ekonomi, Energi dan Lingkungan AS tiba di Taiwan pada Kamis, 17 September 2020 dan akan menghadiri makan malam dengan Presiden Tsai Ing-wen pada Jumat malam.

Dia juga akan menghadiri upacara peringatan mantan presiden Taiwan, Lee Teng-hui pada Sabtu, 19 September 2020.

Baca Juga: Hasilkan Energi 23.9 GW, Indonesia Jadi Negara Penghasil Panas Bumi Terbesar Nomor 2 di Dunia

Halaman:

Editor: Puji Fauziah

Sumber: Aljazeera


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X