Apa Itu Heatwave? Ini Dia Pengaruhnya Terhadap Kesehatan dan Tips Agar Tetap Sehat Selama Gelombang Panas

- 1 Mei 2024, 20:57 WIB
Apa itu heatwave? Berikut pengaruhnya terhadap kesehatan dan tips agar tetap sehat selama gelombang panas.
Apa itu heatwave? Berikut pengaruhnya terhadap kesehatan dan tips agar tetap sehat selama gelombang panas. /Pexels/Fabio Partenheimer

PATRIOT BEKASI - Merasa antara Maret dan Mei 2024 ini cuaca di luar bahkan dalam ruangan terasa sangat panas? Ini disebabkan oleh heatwave atau gelombang panas ekstrem.

Fenomena gelombang panas disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya meningkatkannya suhu global akibat perubahan iklim, biasanya terjadi selama musim panas antara bulan Maret dan Juni.

Tim Patriot Bekasi mengutip dari laman The Economic Times, ambang batas gelombang panas terpenuhi bila suhu maksimum stasiun cuaca mencapai minimal 40 derajat Celcius di dataran.

Sementara itu untuk wilayah pesisir 37 derajat dan 30 derajat di perbukitan serta suhu normal menyimpang minimal 4,5 derajat.

Baca Juga: NGERI! Sejumlah Negara di Asia Tenggara Dilanda Gelombang Panas, Ada yang Mencapai 45 Derajat Celcius

Pengaruh gelombang panas terhadap kesehatan

Dampak gelombang panas yang umum dirasakan meliputi dehidrasi, kram panas, kelelahan atau bisa lebih parah dari itu. Dampak lainnya bagi tubuh yaitu pingsan, lemas, pusing, sakit kepala, mual, serta muntah.

Lebih parah dari itu, panas ekstrem ini juga menyebabkan delirium, kejang, atau koma, jika ada di situasi fatal ini segera pergi ke rumah sakit.

Tips agar tetap sehat selama gelombang panas

Untuk mencegah resiko yang muncul akibat gelombang panas, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini agar tetap sehat:

1. Minum banyak air, meskipun tidak merasa haus

Halaman:

Editor: Ahmad Zaki Kusnaedi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah